KIK'
Wed. Apr 1st, 2020

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

MARKETING CONTENT MERUPAKAN SENJATA JITU DI ERA DIGITAL

2 min read

Di era serba canggih sekarang ini, banyak bisnis yang semakin berkembang karena tersedianya teknologi pendukung. Saat ini, internet sudah menjadi salah satu hal yang penting dalam dunia bisnis. Dengan adanya dukungan teknologi dan internet, tentunya pemasaran atau marketing menjadi mudah dilakukan dan biaya yang dibutuhkan dalam menjalankan bisnis lebih murah.

Agar pemasaran atau marketing untuk menjalankan bisnis lebih efektif diperlukan adanya strategi marketing yang perlu dikuasai oleh seorang pelaku bisnis untuk memasarkan produk. Seiring terciptanya terobosan yang menggabungkan kecanggihan teknologi, pemasaran tidak lagi harus menggunakan barang fisik, pola pembelian masyarakat pun ikut berubah. Salah satu strateginya ialah Marketing Content.

Content Marketing Institute, Amerika mengungkapkan jika 86% perusahaan sudah memakai strategi ini. Akan tetapi di Asia Tenggara, penggunaan konten sebagai bahan marketing barulah mencapai tahap kemunculan dan pengembangan. Meski begitu, era konten marketing ini bisa terus dioptimalkan bagi kemajuan bisnis masyarakat Indonesia karena pengaplikasiannya yang mudah serta kreatif.

Platformnya juga telah mengalami pembaharuan. Jika sebelumnya platform video konten hanya terdapat pada YouTube, kini dapat dilakukan juga pada instastories Instagram. Tidak hanya dalam bentuk video, konten juga tersedia dalam berbagai bentuk salah satunya dari media influencer dan konten bersifat interaktif atau memiliki uncur CTA. Karena banyaknya daya pikat dari Marketing Content, maka terdapat banyak kompetitor juga. Persaingan dalam mendapatkan atensi dari konsumen menjadi challenging bagi para produsen.

Marketing Content menjadi strategi marketing yang sangat diminati pada sekarang ini karena masyarakat cenderung memilih hal yang menarik, singkat namun tetap bisa menangkap maksud tujuannya. Hal inilah menjadi keunggulan Marketing Content dibandingkan strategi pemasaran tradisional. Terlebih, masyarakat masa kini merupakan masyarakat yang hidup dalam era teknologi digital.

Kelebihan lainnya dari Marketing Content ialah biayanya yang jauh lebih terjangkau dan efisien dalam menghemat waktu dan tenaga dalam peng-aplikasiannya. Hal inilah yang menjadi kelebihan atau daya tarik para pebisnis memilih beralih strategi pemasaran ke Marketing Content. Khususnya e-commerce membutuhkan Marketing Content yang kreatif untuk menunjang pemasaran produknya.

Penulis : Kristi Mahardi, mahasiswa MM.Tech President University

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *