KIK'
Sat. Apr 4th, 2020

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Mengolah Agro Industri Melalui Sentuhan Teknologi

1 min read
Kabupaten Kendal bagian Selatan berbatasan dengan wilayah Kabupaten Temanggung, menjadi  daerah lahan pertanian dan perkebunan yang dikenal menjadi wilayah perbukitan yang subur. Hasil bumi yang diolah petani menghasilkan jambu biji merah, cengkeh, serai, kopi, cabe, jagung, ketela pohon dll.
Dari hasil bumi yang sudah diolah diantaranya kopi sudah menjadi komoditi ekspor dari UKM Kopi Luwak Asli Sukorejo. Kecamatan Patean melalui jambu biji merah yang sedang digarap oleh Tim Disemenasi Olahan Jambu Biji Merah Hemat Energi Kementerian Riset dan Teknologi yang menggandeng LP2M UNNES untuk mengolah jambu biji merah jadi kristal yang memakai mesin kristalisasi buatan LP2M UNNES. Dengan tujuan untuk mengangkat jambu biji merah jadi produk kemasan yang bisa dijual di pasar Supermarket. Diawali dari Desa Kalipakis yang baru lakukan uji coba mesin Kristalisasi kepada kelompok tani Desa Kalipakis di rumah mantan Kades Kalipakis Patean Kabupaten Kendal.
Pada awal Desember 2019  (4/12/2019), Deputi IV Kementerian Perekonomian dan Kementerian Desa bekerjasama dengan PT. Astra (divisi CSR) juga berikan bantuan alat pengolah minyak atshiri kepada 10 desa di kecamatan Sukorejo dan Patean yang dipusatkan di Desa Margosari Patean Kendal.

Penyerahan alat pengolah minyak atshiri disaksikan Bupati Kendal dr. Mirna Annisa  yang juga berikan bantuan uang tunai secara langsung kepada 10 petani penerima bantuan alat pengolah minyak atshiri pada acara Seremoni Dinasi Bantuan Dan Penandatanganan Kesepakatan Bersama Produk Unggulan  Desa Sejahtera Astra Kabupaten Kendal di Desa Margosari Kecamatan Patean Kabupaten Kendal.
Sementara yang diberi alat pengolah minyak atshiri di Indonesia ada 645 desa dengan tujuan untuk mendorong kemajuan desa dibidang industrialisasi minyak atshiri dan khususnya para petani penanam serai memiliki penghasilan rutin per bulan melalui hasil produk minyak atshiri.
(Sriyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *