Ming. Sep 25th, 2022

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Menteri Kelautan dan Perikanan RI Kunjungi TPI Tawang Gempol Sewu Rowosari Kendal, Untuk Cek SPBU Nelayan 

2 min read

Kendal, wartakdin.com Menteri Kelautan dan Perikanan RI Sakti Wahyu Trenggono MM pada hari Minggu (11/9/2022) melakukan kunjungan kerja di KPPP (TPI) Tawang Desa Gempol Sewu Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal yang diberikan pengamanan dari personel Polres Kendal dan Kodim 0715/Kendal.

Kunjungan di KPPP Tawang, menteri didampingi seorang anggota DPR RI Danti, Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi, Bupati Kendal Dico M Ganinduto bersama Forkopimda Kendal, Sesditjen Perikanan Tangkap Yrian Yunando MSc, Ka. Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Jateng Ir.Febdiawan Kristianto, Plt BPP Ir.Sugiyarto, Sub.Koordinator PDK Lili Widodo, untuk bertatap muka dan berdialog dengan warga nelayan desa Gempol Sewu.

Menteri Sakti Wahyu Trenggono juga melihat kondisi nelayan di dermaga dengan mendengar keluhannya, selain juga ngecek kondisi SPBU Nelayan dan sarana dan prasarana di KPPP Tawang.

Didepan nelayan desa Gempol Sewu, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menyampaikan situasi yang terjadi saat ini dengan adanya kenaikan harga BBM dan kelangkaan bahan bakar minyak yang terjadi di dunia.

Menteri Kelautan dan Perikanan meminta jajarannya untuk melakukan upaya penyediaan BBM kepada 2,2 juta nelayan untuk dipenuhi dengan cek stock BBM Nelayan. Karena nelayan-nelayan besar yang menangkap ikan di laut itu pajaknya masuk ke negara yang dikembalikan kepada nelayan-nelayan kecil berupa bantuan sarana dan prasarana yang dibutuhkannya.

Terkait dengan penanganan pendangkalan, kementeriannya sudah lakukan koordinasi dengan bupati Kendal, juga masalah perbaikan doking kapal nelayan dan penataan dilaut. Sedangkan untuk upaya pengerukan pelabuhan nelayan sedang diupayakan DAK Tahun 2023 turun di Kendal.

Sementara Bupati Kendal Dico M Ganinduto dalam sambutannya menyampaikan, “ucapan selamat datang dan kerawuhannya yang membawa berkah dan manfaat bagi masyarakat nelayan di Kendal” Selanjutnya dikatakan, total di seluruh wilayah pesisir di Kabupaten Kendal ada kurang lebih 11 ribu nelayan yang melakukan pelelangan ikan di 5 TPI yaitu : TPI Tawang, Sendang Sikucing, Tanggulmalang, Bandengan dan TPI Karangsari. Dalam waktu dekat dikembangkan pula 3 TPI baru. Yaitu : TPI Biru, Cigentong dan Bandengan Baru untuk penyebaran nelayan di sekitar 50 KM garis pantai Kendal.

Selanjutnya dikatakan, saat ini sedang lakukan inovasi program ITPI bekerjasama dengan BRI untuk digitalisasi nelayan di Kendal. Dengan BUM Nelayan dan BUM Nel untuk mengelola langsung solar yang dibutuhkan nelayan.

Adapun permasalahan sedimentasi sungai dan muara sungai yang merupakan jalur pelayaran para nelayan, Pihaknya sedang lakukan koordinasi dengan dinas PUPR dan Balai Besar Wilayah Sungai untuk normalisasi sungai Kalikuto.

Dalam kesempatan itu, bupati Dico M Ganinduto juga menyampaikan perihal kondisi TPI yang masih kurang memadai. Berharap, di lokasi TPI bisa dibangun pasar ikan yang bisa dibantu lewat APBD juga untuk rehabilitasi TPI, selain kuota BBM yang terbatas saat ini menjadi masalah dan hambatan untuk aktivitas melaut bagi nelayan Kendal.

Teristimewa dari kunjungan kerja di KPPP Tawang ini, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono juga memberikan bantuan seribu paket sembako dan lima ratus paket sembako dari Kapolda Jateng diberikan kepada para nelayan dan warga desa Gempol Sewu yang terdampak adanya kenaikan harga BBM. Sriyanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos-pos Terbaru