Rab. Sep 29th, 2021

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo Resmikan Mal Pelayanan Publik Kabupaten Kendal

2 min read

Kendal, wartakadin. Seiring dengan perkembangan tekonologi IT saat ini Kabupaten Kendal tak mau tertinggal dalam upaya peningkatan pelayanan publik yakni dengan membangun pusat layanan publik di kantor Dinas Penaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu yang disebut Mal Pelayanan Publik (MPP).

Mal Pelayanan Publik yang selanjutnya disingkat MPP, adalah tempat berlangsungnya kegiatan atau aktifitas penyelenggaraan pelayanan publik atas barang, jasa dan/atau pelayanan administrasi yang merupakan perluasan fungsi pelayanan terpadu baik pusat maupun daerah serta pelayanan Badan Usaha Milik Negara/Badan Usaha Milik Daerah.

Hari ini, Rabu (2/6/2021) MPP Kabupaten Kendal telah diresmikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB)) Tjahjo Kumolo didampingi Gubernur Ganjar Pranowo, Bupati dan Wakil Bupati Kendal, disaksikan Forkompimda dan Kepala OPD Kabupaten Kendal yang disiarkan langsung melalui canal YouTube dan Google Drive – Launching MPP.

Dalam sambutannya Tjahjo Kumolo katakan, Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Kendal bisa mendorong pertumbuhan ekonomi Kendal yang semakin cepat dengan dukungan KEK yang menjadi pusat areal industri dapat dirasakan manfaatnya bagi masyarakat Kabupaten Kendal dan sekitarnya.

“Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dengan adanya MPP akan semakin memperkuat posisi Kabupaten Kendal dalam upaya menarik investasi sebanyak-banysknya,’ harap Tjahjo Kumolo.

Kabupaten Kendal sebagai KEK diharapkan unggul dalam sektor industri berorientasi ekspor, substitusi impor, produk berteknologi tinggi (high tech producers/HTP), juga pada aplikasi khusus serta logistik yang berbasis industri 4.0 diproyeksikan dapat menarik investasi sebesar 72 triliun rupiah dan 20.000 tenaga kerja hingga 2025.

(MPP Kota Santri berlokasi di Jalan Siekarno-Hatta No. 191 Kendal, Jawa Tengah terdiri dari tiga lantai, diatas tanah seluas 2.675 M2 yang semula merupakan kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) yang kemudian dikembangkan menjadi MPP.

Instansi yang tergabung dalam MPP Kendal sebanyak 23 instansi terdiri dari 6 instansi pusat, 11 instansi daerah, 2 BUMN/BUMD, dan 3 instansi Swasta.

Sementara jenis layanan yang tersedia di MPP Kendal ada 304 layanan MPP yang beroperasi pada hari Senin – Kamis pukul 07.30 – 15.30 WIB. Sedang hari Jumat beroperasi pukul 07.30 – 10.30 WIB.

Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PAN-RB Diah Natalisa menyebutkan, salah satu keunggulan MPP Kendal keterlibatannya star-up ternama seperti Grab, GoJek dan Tokopedia. Hal ini menjadi unik karena kerjasama tersebut dilakukan untuk mendukung Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Kabupaten Kendal. Dan keunggulan lainnya adalah layanan cetak mandiri yang meliputi cetak KTP dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan layanan lain dari DPMPTSP yaitu penerbitan surat izin industri rumah tangga, surat izin penelitian, dan penerbitan kartu pengawasan trayek.

MPP Kendal menyediakan pula antara lain : mushola, toilet umum, kantin, area parkir, mesin antrean, anjungan tunai mandiri, pojok baca, charging station, dan area merokok. Selain terdapat sarana prasarana ramah kaum rentan seperti peralatan difabel, ruang laktasi, dan toilet untuk difabel.

Para pengunjung juga dapat melakukan layanan mandiri yaitu pendampingan Online Single Submission (OSS) dan cetak Surat Keputusan (SK) mandiri. (Sriyanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos-pos Terbaru