Sab. Okt 16th, 2021

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Menteri Sosial Kucurkan Bantuan Rp 981Juta Lebih Untuk Kurban Covid -19 Dan Kewirausahaan

2 min read

Kendal, wartakadin. Menteri Sosial Tri Rismaharini pada hari ini (23/9) dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Kendal Jawa Tengah telah mengucurkan bantuan bagi anak yatim, anak piatu, yatim piatu korban Covid -19 dan kewirausahaan.

Penyaluran bantuan sebesar Rp 981.148.000,- yang berlangsung di GOR Bahurekso Kendal disaksikan pula oleh sejumlah anggota DPR RI dari Komisi VIII dan bupati Kendal Dico M Ganinduto bersama Forkompimda tingkat Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Kendal.

Bantuan secara rinci diberikan kepada anak yatim/piatu/yatim piatu sebanyak 937 anak total sebesar Rp. 304.900.000,-. Untuk Aksesibilitas kepada 23 orang sebesar Rp. 206.500.000,- Kebutuhan dasar kepada 284 orang sebesar Rp. 282.200.000,- Kewirausahaan kepada 118 Pelaku Usaha sebesar Rp. 152.848.000,- dan bantuan untuk pelatihan kepada 57 orang sebesar Rp. 34.700.000,-.

Adapun penerima bantuan dari Mensos itu diantaranya berasal dari Kabupaten Demak, Kudus, Pati, Grobogan, Karanganyar, Semarang, Salatiga, Kendal, dan juga dari Kabupaten Sleman Yogyakarta.

Dalam kesempatan itu Risma menyampaikan, selama masa pandemi, Pemerintah Pusat banyak menyalurkan bantuan sosial tunai (BST) kepada warga terdampak Covid -19. Bantuan tersebut telah disalurkan Pemerintah pada tahun 2020 disaat Pandemi melanda Indonesia. Dan BST kembali disalurkan kepada warga yang terdampak pada pertengahan tahun 2021 karena kasus Covid -19 kembali melonjak hingga Pemerintah menerapkan aturan PPKM. “BST yang kita salurkan karena ada Pandemi. Kalau sudah tidak ada pandemi, ya tidak kita salurkan,” ujarnya.

Risma jelaskan pula, ada dua jenis program bansos yang dikelola oleh Kemensos. Pertama, bansos reguler yang dirancang untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam mengentaskan kemiskinan. Kedua, bansos khusus eksisting yang dikelola Kemensos karena kedaruratan. Risma saat ini resmi setop bantuan tunai PPKM Rp 300 ribu.

Sementara itu, bupati Kendal Dico M Ganinduto menyampaikan bahwa sejumlah anak yatim korban Covid -19 di Kabupaten Kendal telah tercover bantuan dari Pemerintah, BAZNAS Kabupaten Kendal, dan BAZNAS Provinsi Jawa Tengah.

“Demikian pula dalam kunjungan kerja Menteri Sosial di Kabupaten Kendal ini, mereka kembali mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat,” ujarnya yang memerintahkan Sekda untuk kembali mendata anak yatim piatu korban Covid -19.

“Pendataan ulang bagi anak yatim korban Covid -19 sangat diperlukan bagi mereka yang belum tersentuh bantuan untuk dianggarkan melalui bantuan pemerintah daerah,” Dico menambahkan. Sriyanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *