April 23, 2024

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Merti Desa Darupono Gelar Wayang Kulit Yang Ke-11, Dalang Sigid Ariyanto Bawa Pelawak Untuk Menghibur Masyarakat

2 min read

Kendal, wartakadin.com Kegiatan Merti Desa Darupono Kecamatan Kaliwungu Selatan pada Jumat Malam (2/6/2023) dimeriahkan dengan pagelaran wayang kulit semalam suntuk yang menampilkan dalang Sigid Ariyanto dari Rembang cukup menghibur masyarakat.

Dalang Ki Sigid Ariyanto S.Sn dengan penabuh gamelan dari sanggar seni Cakraningrat Rembang Jawa Tengah yang mengiringi 9 sinden yang cantik-cantik ditambah banyolan dan jogetan seorang lawak dari Rembang, benar-benar menjadi tontonan dan hiburan warga setempat yang menyaksikannya.

Pagelaran wayang dalam mengisi kegiatan Merti Desa di Desa Darupono ini oleh Kepala Desa Agus Subaedi akan terus dilestarikan. Selain nguri-uri budaya adiluhung juga membawa tuntunan dari cerita yang disampaikan dalang. Lakon wayang kulit Durno Rantai, dimainkan Ki Dalang Sigid Ariyanto membawa tuntunan untuk mencapai tujuan dan kebahagiaan hidup dilakukan dengan kerja keras, bukan dengan memfitnah atau mencelakai orang lain.

Guru Durna dikisahkan dalang justru perbuatannya tidak bisa menjadi contoh dan suri teladan, karena untuk menyenangkan Raja Astina untuk mendapatkan Wahyu dengan cara menyerobot atau memfitnah Abimanyu dengan menyamar menjadi Kresna. Hingga usaha itu gagal karena ketahuan oleh anak-anak Bima hingga badannya dirantai untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya dan menjadi bukti menjadi pelaku yang memfitnah Abimanyu yang sedang diburu Bima mau dibunuh karena fitnahan mencuri jimat kalimasada.

Kisah dalam wayang inipun bisa juga dilakukan oleh insan manusia yang ingin meraih kesuksesan tetapi melalui cara yang tidak sportif dan melakukan perbuatan yang mencelakai orang lain atau atas dasar perjuangan orang lain bukan murni dari jerih payahnya.

Camat Kaliwungu Selatan Sugiarto yang hadir juga menyampaikan pesan khususnya kepada para kepala desa sekecamatan Kaliwungu Selatan untuk bekerja secara jujur dan maksimal untuk mensejahterakan masyarakatnya. “Paguyuban kepala desa kecamatan Kaliwungu Selatan jadikanlah wadah untuk saling bertukar pikiran dan bersinergi untuk membangun persatuan dan keharmonisan semua elemen dan masyarakat di wilayah Kaliwungu Selatan,” pesannya.

Harapannya, Desa Darupono semakin hebat, dan rakyatnya semakin makmur. Karena letak desa Darupono yang strategis dan menjadi lokasi pembangunan kantor ibukota kecamatan Kaliwungu Selatan, Camat Sugiarto berharap kedepan desa Darupono menjadi contoh desa-desa lainnya dalam pergerakan ekonomi dan pembangunan wilayah cukup pesat.

Hadir dalam Merti Desa Darupono diantaranya, Camat Kaliwungu Selatan, Forkopimcam, Mantan Camat Kaliwungu Selatan Krenggo Karjilah, Para Kepala Desa Se Kecamatan Kaliwungu Selatan, Kepala Desa Blimbing Sutrisno, Stake Holder, Politisi, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama setempat. Sriyanto

About Post Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *