April 23, 2024

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Pabrik Garmen Di KIK Turba ke Wilayah Kecamatan dan Desa, Butuh 3 Ribu Tenaga Kerja

2 min read

Kendal, wartakadin.com Sebuah perusahaan garmen PT. Eclat Textile Internasional di Kawasan Industri Kendal (KIK) sedang mencari calon tenaga kerja untuk memenuhi 3.000 orang yang dibutuhkan hingga harus turun ke wilayah kecamatan dan desa di Kabupaten Kendal.

Dalam upaya mencari tenaga kerja oleh perusahaan ini dilakukan dengan menggandeng
Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kendal, juga melibatkan Pemerintah Kecamatan dalam penyediaan tempat yang menampung calon tenaga kerja untuk direkrut melalui proses interview.

Kegiatan Roadshow Relasi Kerja atau rekrutmen dan pelatihan siap kerja pada Kamis (22/02/2024) dilakukan di Balai Desa Boja. Tetapi hasilnya hanya baru bisa menjaring 11 peminat kerja. Tentulah hal ini tidak sesuai dengan harapan perusahaan ini.

Hal ini seperti dikatakan Kepala HRD PT. Eclat Textile Internasional, Qaerudin kepada wartakadin.com saat melakukan interview calon tenaga kerja yang datang hanya sekitar 11 orang saja. “Ideal kami dalam satu road show paling tidak sedikitnya bisa menjaring 50 orang untuk memenuhi perusahaan yang butuh tenaga kerja sebanyak 3 ribu orang untuk sampai tahun 2025. Khususnya untuk operator jahit setiap bulan butuh 300 orang,” tuturnya.

Kepada masyarakat Kendal, perusahaan ini membuka peluang untuk menerima karyawan bagi yang belum bisa menjahit akan dilatih dan yang sudah bisa menjahit akan langsung diterima dengan status karyawan tetap dengan percobaan selama tiga bulan.

“Karyawan di perusahaan kami akan mendapatkan gaji UMK dan mendapatkan uang kehadiran Rp 100 ribu serta uang transportasi Rp 250 ribu per bulan. Juga fasilitas seperti makan siang gratis dan minum tersedia, parkir dan mushola untuk melakukan ibadah salat,” jelasnya.

Perusahaan ini sudah berjalan 3 tahun, merupakan perusahaan PMA dari Taiwan dengan jumlah karyawan saat sudah mencapai 3.500 orang yang 95 persen berasal dari Kendal, dan 5 persen dari daerah lain.

“Kerjasama dengan Pemda Kendal dimulai tanggal 2 Februari 2024 yang dibuka Bupati Kendal di Kecamatan eks Kawedanan Kendal. Diteruskan ke wilayah Weleri, Kaliwungu, Boja dan terakhir di Kecamatan Sukorejo,” terang Qaerudin.

Kegiatan ini akan terus berlanjut sampai ke semua kecamatan yang ada di Kabupaten Kendal untuk bisa memenuhi 3 ribu tenaga kerja.

Kepada calon tenaga kerja diminta untuk mengajukan lamaran ke perusahaan ini, atau bisa mengakses melalui Instagram Dinas Tenaga Kerja. Dan dinas ini melakukan verifikasi terhadap pelamar yang berminat akan diproses administrasi dan interview yang lolos dilakukan test di Perusahaan hingga ditentukan kapan masuk kerja.
Sriyanto

About Post Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *