Ming. Sep 25th, 2022

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Pagelaran Wayang Kulit Desa Protomulyo Tampilkan Bintang Tamu Gareng Ngesti Pandowo 

1 min read

Kendal, wartakadin. Merti Desa atau Sedekah Desa Protomulyo Kecamatan Kaliwungu Selatan Kabupaten Kendal, dimeriahkan wayang kulit semalam suntuk dengan lakon “Bimo Krido” yang dimainkan oleh Ki Dalang Tantut Sutanto dari Klaten Jawa Tengah.

Pagelaran wayang kulit pada Jumat (24/6/2022) di halaman kantor desa Protomulyo ini telah menyedot antusias masyarakat untuk menyaksikan hiburan adiluhung yang dirindukan dua tahun lalu baru terlaksana, setelah Pandemi Covid -19 berlalu di wilayah Kabupaten Kendal.

Tidak hanya warga desa Protomulyo memadati lokasi pagelaran wayang kulit, juga terlihat para pedagang cukup padat ikut meramaikan tradisi Merti Desa.

Panitia Penyelenggara Suwardi melaporkan, pagelaran wayang kulit Desa Protomulyo, menghabiskan dana Rp 118 juta lebih. Sedangkan dari sumbangan para Sponsor Pengusaha Setempat terkumpul Rp 10.100.000,-. “Selebihnya adalah usaha murni Kepala Desa Jumarno,” jelasnya.

Kepala Desa Protomulyo dalam sambutan yang diwakili H. Subakir mengatakan, satu hari jelang acara pagelaran wayang kulit, diawali dengan kegiatan ziarah kubur para wali Kendal dilakukan Kepala Desa bersama Perangkat Desa dan Lembaga Desa Protomulyo. Hal ini dilakukan, ungkapnya untuk mengenang dan menghormati jasa-jasa para wali Kendal yang berhasil membangun masyarakat Kaliwungu dengan fondasi agama Islam.

“Kami bersyukur karena Desa Protomulyo genap berusia 60 tahun dengan kondisi masyarakat damai dan kondusif,” tambahnya.

Kepada masyarakat yang belum vaksin boster ke-3, diminta untuk datang ke Puskesmas terdekat, demikian himbau Kades Jumarno.

Pagelaran wayang kulit dengan lakon Bimo Krido, ditampilkan bintang tamu Gareng Ngesti Pandowo Semarang dan Mbak Ita Banyumas. Wayang kulit sebelum dimainkan dalang, dilakukan penyerahan tokoh wayang kulit Bimo dari Kades Protomulyo Jumarno kepada Ki Dalang Tantut Sutanto.

Pagelaran wayang kulit Merti Desa ini dihadiri kepala desa se-kecamatan Kaliwungu Selatan, Forkompimcam, BPD, RT dan RW serta Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat Desa Protomulyo. Sriyanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos-pos Terbaru