Mon. May 17th, 2021

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Pelatihan Barista PWI Kendal Disponsori Anggota DPR Pusat Herviano

1 min read

Kendal, wartakadin. Anggota PWI Kabupaten Kendal sebanyak 12 orang pada hari ini (26/12/2020) di rumah Slamet Prayitno (Priyo) telah mengikuti pelatihan Barista Bersama Mochammad Herviano Foundation (MHF).

Pelatihan Barista MHF disponsori Anggota DPR RI Herviano dari PDI. Perjuangan Dapil I Jawa Tengah bertujuan membekali wartawan yang tergabung dalam wadah PWI untuk berwirausaha khususnya berjualan kopi seduh kecil-kecilan melalui pelatihan cara menggiling biji kopi matang (sangrai) dengan diberikan peralatannya dan contoh biji kopi Barista, Robusta, Arabika dan Kopi Luwak Bali.

Alat giling biji kopi berbentuk tempolong dari besi warna hitam panjang 16 cm untuk diisi 15 – 18 gram biji kopi matang digiling dengan tangan memutar (manual) hingga menjadi bubuk yang dimasukkan kedalam saringan cangkir almunium diberi air mendidih secukupnya hingga terpisah ampas serbuk biji kopi dengan air kopi didalam cangkir yang sudah bening.

Cara yang sangat mudah dalam menyajikan minuman kopi siap saji, mau yang pahit, pakai gula pasir (batu) atau milk sebagai modal membuka cafe kecil-kecilan mau didepan rumah, PKL atau lesehan yang tentunya perlu ada makanan camilan sebagai pelengkap dan daya tarik penikmat kopi.

“Untuk memulai usaha kecil-kecilan, atau warung kopi tidak harus bermodal besar. Lebih baik dimulai dari modal kecil antara Rp 3 hingga Rp 5 juta bila ditekuni sungguh-sungguh akan bisa berkembang menjadi besar,” Priyo berpesan yang memotivasi rekan-rekan wartawan anggota PWI Kabupaten Kendal di masa-masa Pandemi yang perlu berinovasi.

Slamet Prayitno selaku tuan rumah dan penyelenggara pelatihan Barista MHF berpesan kepada rekan-rekan yang hadir, agar peralatan giling kopi ini bisa bermanfaat syukur bisa mendorong minat berwirausaha. “Wartawan setiap hari keluar mencari berita, tetapi di rumah bisa mendukung dengan berwirausaha yang hasilnya untuk menopang ekonomi keluarga,” himbaunya kepada rekan-rekan seprofesi. (Sriyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *