Ming. Sep 25th, 2022

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Pelatihan Budidaya Ternak Kambing Untuk Peningkatan Kesejahteraan Warga Desa Ngabean

1 min read

Kendal, wartakadin.com Sebanyak kurang lebih 30 peternak dan pemula dari warga desa Ngabean kecamatan Boja kabupaten Kendal, hari Jumat (9/9/2022) bertempat di balai desa Ngabean mengikuti pelatihan budidaya peternakan kambing yang diselenggarakan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kendal.

Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan bekal ilmu beternak kambing secara benar mulai dari pemilihan calon bibit kambing, manajemen reproduksi, kesehatan kandang dan pemberian pakan untuk menghasilkan kambing yang gemuk dan sehat.

Materi pelatihan budidaya ternak kambing disampaikan Fatan Dwi Putra, SPt selaku Petugas Peternakan dan Kesehatan Hewan Wilayah Kecamatan Limbangan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kendal yang didampingi Kepala Desa Ngabean Anom Tri Syamcoko dan Pendamping Desa Prima Sigit Mukardono.

Kepala Desa Ngabean Anom Tri Syamcoko menyampaikan, kegiatan ini merupakan Program Pemerintah Kabupaten Kendal terkait dana desa yang sebesar 20 persen untuk ketahanan pangan masyarakat desa khususnya Pemerintah Desa Ngabean mengusulkan adanya pelatihan ternak kambing.

Hal ini karena melihat prospek ternak kambing sangat bagus dan warga desa Ngabean sudah banyak yang pelihara kambing yang penyediaan pakan secara alami. “Pemberdayaan ternak kambing oleh peternak disuport dana desa melalui BUMDes dengan sistem bagi hasil. Dan penyertaan BUMDes bertujuan untuk payung hukum,” jelasnya.

Selanjutnya dikatakan, untuk sementara dalam program budidaya ternak kambing baru dibuatkan dua kandang di dusun Gowok dan Kliwonan. Selain karena keterbatasan anggaran, peserta baru bisa diikuti oleh delapan dusun yang masing-masing mengirimkan tiga orang saja. Harapannya, setelah memiliki ilmu beternak kambing, mereka bisa mensosialisasikan ilmunya kepada warga lainnya.

Pelatihan beternak kambing khususnya bagi peternak kambing desa Ngabean kecamatan Boja, oleh Kades Ngabean meminta untuk dimanfaatkan sebaik-baiknya guna meningkatkan kesejahteraan keluarga, harapannya. Sriyanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos-pos Terbaru