Tue. Oct 27th, 2020

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Pelatihan Modifikasi Rengginang KWT Desa Simpangan Bersama Jababeka

1 min read

Program CSR Jababeka Bersahabat di bidang ekonomi (Jabat Ekonomi) merupakan salah satu program yang bertujuan meningkatkan kemandirian masyarakat dalam meningkatkan perekonomian mereka. Salah satu kegiatan Program Jabat Ekonomi adalah Kelas Terampil dimana pada tanggal 25-27 September 2019, Jababeka bersama Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Simpangan mengadakan pelatihan modifikasi rengginang. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas serta diferensiasi produk rengginang yang diproduksi para ibu anggota KWT Desa Simpangan menjadi lebih kekinian.

Baca juga: JABABEKA GELAR PELATIHAN SULAM PITA KEPADA IBU RUMAH TANGGA

Rengginang hasil KWT Desa Simpangan merupakan salah satu produk unggulan BUMDesa Simpangan Mandiri. Oleh karena itu, Jababeka memberikan pendampingan berupa pelatihan bersama para ibu anggota KWT untuk memodifikasi bentuk dan rasa rengginang yang mereka produksi. Para peserta sangat antusias selama pelatihan berlangsung.

Suasana serius tapi santai selama pelatihan semakin mempererat rasa kekeluargaan antar anggota KWT. “Saya berharap hubungan sosial antar anggota semakin akrab dan guyub, sehingga KWT kami semakin solid dalam berkarya” ucap Neneng, Ketua KWT Desa Simpangan.

H. Kurma, Kepala Desa Simpangan, turut meninjau kegiatan para ibu di hari terakhir pelatihan. “Kami menyambut baik kegiatan pendampingan UKM oleh Jababeka, hal ini pun sesuai dengan upaya kami untuk meningkatkan produktivitas UKM yang ada di desa kami.”

Pelatihan ini merupakan salah satu upaya link and match program CSR dengan program desa, seperti yang disampaikan Aris Dwi Cahyanto, Senior Manager PT Jababeka Infrastruktur “Kami berupaya mendukung women’s empowerement melalui penyelarasan program CSR Jababeka dengan peningkatan produktivitas UKM yang dikelola KWT desa Simpangan.”

Melalui pelatihan modifikasi rengginang ini, diharapkan dapat memberi nilai tambah produk rengginang yang dihasilkan seperti pada rasa, kemasan dan penjualan sehingga dapat bersaing dan memberikan penghasilan tambahan bagi para ibu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *