Kam. Sep 23rd, 2021

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Peringatan HANI Tahun 2021, BNNK Kendal Bentuk Desa Bersih Narkoba

2 min read

Kendal, wartakadin. Peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) Tahun 2021 ini mengusung tema “Perang Melawan Narkoba (War On Drugs) di era Pandemi Covid -19 menuju Indonesia Bersih Narkoba (Bersinar), BNN Kabupaten Kendal sendiri memiliki program unggulan Desa Bersinar. Atau Desa Bersih Narkoba.

Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Kendal dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) di 286 desa/kelurahan untuk dibentuk Desa Bersinar dengan merekrut para pegiat dan pemuda desa yang dibekali pengetahuan tentang bahayanya narkoba yang mengancam generasi muda khususnya untuk berperang melawan narkoba sebagai garda terdepan membentengi masyarakat desa dari sasaran peredaran gelap narkoba yang menyasar hingga ke desa-desa di tengah Pandemi Covid -19.

Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Kendal dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) di 286 desa/kelurahan untuk dibentuk Desa Bersinar dengan merekrut para pegiat dan pemuda desa yang dibekali pengetahuan tentang bahayanya narkoba yang mengancam generasi muda khususnya.

Membentuk Desa Bersinar di Kabupaten Kendal seperti disampaikan Kepala BNN Kab. Kendal Anna Setiyawati S.Sos.M.M dalam perss release HANI 2021 (24/6/2021), pada tahun 2020 telah membentuk satu Desa Bersinar di Desa Sumberejo Kecamatan Kaliwungu sebagai pilot project Desa Bersinar.

Pada tahun 2021, BNNK Kendal telah memfasilitasi dua desa untuk berkomitmen menuju Desa Bersinar. Yakni, Desa Krajan Kulon dan Desa Kutoharjo Kecamatan Kaliwungu. Selain itu, terdapat 140 desa/kelurahan dari 10 kecamatan telah menyatakan kesiapannya berkomitmen menuju Desa Bersinar. Dan kecamatan tersebut adalah Kecamatan Kota Kendal, Kaliwungu, Boja, Kaliwungu Selatan, Cepiring, Ringinarum, Weleri, Sukorejo, Pegandon dan Kangkung.

Dari 286 desa/kelurahan se Kabupaten Kendal ungkap Anna Setiyawati, terdapat 143 desa/kelurahan yang siap berkomitmen menuju Desa Bersinar. Harapannya, semangat ini akan diikuti oleh seluruh desa/kelurahan se-Kabupaten Kendal yang didukung Pemerintah Daerah Kabupaten Kendal untuk mewujudkan Kendal Bersih Narkoba.

Kepada wartawan liputan Kendal, Anna Setiyawati mengingatkan kepada masyarakat untuk disampaikan, di musim Pandemi Covid -19 perlu waspada terhadap peredaran gelap narkoba melalui online. BNN Kabupaten Kendal juga sudah menyiapkan program antisipasif dengan memberikan edukasi dan pengetahuan bahaya narkoba. Juga kepada semua elemen masyarakat diminta selalu wasoada terhadap pergaulan anak muda untuk diarahkan dalam kegiatan positif yang menghindari jauh-jauh narkaba dan obat terlarang lainnya.

Sementara dalam semester 1 tahun 2021 ini BNN Kabupaten Kendal sudah menangani 8 kasus yang sudah di BAP Polres Kendal. Diantaranya sudah ada yang menjadi tersangka. Mereka ada yang menjadi pengedar maupun pemakai narkoba. (Sriyanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *