Fri. Apr 23rd, 2021

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Perlu Sinergitas Pemerintah Dan Swasta, Bangun Kendal Sebagai Kota Industri

2 min read

Berakhirnya perhelatan Pilkada Kabupaten Kendal yang menghasilkan pasangan Dico M Ganinduto dengan Windu Suko Basuki (DIBAS) terpilih menjadi bupati dan wakil bupati Kabupaten Kendal dengan penyampaian visi dan misi : “Menjadikan Kendal Sebagai Kota Industri Dan Pariwisata” banyak mendapatkan tanggapan positif dan dukungan dari rakyat Kendal.

Ketua Kadin dan PHRI Kabupaten Kendal Cahyanto menyampaikan, salah satu tolok ukur atau barometer keberhasilan suatu daerah adalah karena tingginya minat para investor baik secara individu, perusahaan atau company dalam menanamkan investasinya.

Untuk membangun Kendal menjadi Kota Industri, kata Cahyanto, semua pihak harus satu persepsi. Yakni, “Siapapun yang menanam modalnya ke Kendal itu disebut Investor”

Lanjutnya, apabila ini terjadi pasti akan berdampak yang signifikan, memiliki side effect yang bahkan multiple effect. Contohnya, tidak hanya penyerapan tenaga kerja saja. Lebih dari itu, dapat menekan pengangguran, penerimaan PAD meningkat, UMKM dan Pelaku Usaha Daerah yang bisa mensuplay bahan baku dll.

Aparat Desa Jungsemi Kangkung Kabupaten Kendal Ikut Pasarkan Produk UMKM

Semua itu butuh dorongan dan dukungan regulasi dari bupati/kepala daerah yang memberikan berbagai kemudahan dan penciptaan iklim sejuk bagi tumbuhnya investor berbondong-bondong masuk di Kabupaten Kendal. Kata kuncinya, ungkap Cahyanto,

“Bagaimana semua pihak dapat bersinergi untuk menciptakan peluang usaha sebanyak-banyaknya yang mendorong sektor riil bisa bergerak” sesuai dengan impian Cahyanto yang dituangkan dalam program kerja Kadin Kendal yakni : “Menciptakan Seribu Pengusaha Kendal Untuk Membangun Kendal Maju Dan Sejahtera”.

Terkait upaya membangun Kendal sebagai Kota Industri dan Pariwisata, Pemerintah Kabupaten Kendal sudah bergerak melalui Dinas Perindustrian, Koperasi & UMKM dalam upayanya mempercepat perputaran siklus ekonomi lokal dengan memperbaiki daya beli masyarakat dan mendorong kebangkitan ekonomi pasca Pandemi Covid 19.

Juga memperkuat kelangsungan usaha dan pemasaran UMKM secara lebih cepat dan luas. Menumbuhkan rasa bangga dan pro produk lokal bagi Konsumen lokal. Dan mendorong Nasional Branding produk lokal unggulan melalui kurasi UMKM Top Brand yang bangkit dan tumbuh.

Sedang melalui program kerja Dinas Perinkop&UKM Kab. Kendal sudah sejalan dengan visi dan misinya bupati/wakil bupati terpilih yang mengupayakan percepatan perputaran siklus ekonomi lokal. Semua itu bertujuan untuk menciptakan industri baru yang mendorong pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kendal. Demikian yang disampaikan Drs. Kuncahyadi sebagai Kepala Dinas Perinkop&UKM Kab.Kendal kepada wartakadin.com hari ini. (Sriyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *