Sat. Oct 24th, 2020

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Perlukah Pemasaran Digital di Perusahaan Manufaktur Logam Aluminium?

2 min read

Saat ini di Indonesia sudah memasuki dunia industri 4.0, ditandai dengan penggunaan tekonologi-teknologi baru dalam berbagai bidang. Salah satunya bisnis berbasis aplikasi kini mulai bermunculan. Beragam teknologi memudahkan kehidupan manusia untuk berkomunikasi dengan orang lain. Di era digital tentunya membuat kegiatan bisnis maupun perdagangan menjadi lebih mudah dan efisien karena tidak membutuhkan lahan atau tempat berdagang yang banyak. Seperti halnya penggunaan e-commerce yang memasarkan produk secara online, begitu pula dengan transaksi dapat dengan mudah dilakukan melalui smartphone.

Pertumbuhan bisnis digital secara global sudah pasti tidak bisa dibendung. Karena itu pengusaha harus bisa mendapatkan cara pemasaran yang efektif untuk menawarkan produknya di era ini. Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok  mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain (Philip Kottler, 1997). Di era industri 4.0 dibutuhkan pemasaran yang sesuai zaman sekarang. Cara pemasaran yang konvensional harus bisa beradaptasi dengan cara pemasaran yang digital.

Bagaimana dengan perusahaan manufaktur di Indonesia khususnya industri logam aluminium? Tidak dipungkiri beberapa perusahaan yang bergerak di bidang ini dalam memasarkan produknya masih menggunakan cara yang konvensional yaitu personal selling atau sales dan jarang menggunakan pemasaran digital. Karena dianggap cara pemasaran yang konvensional masih dinilai efektif untuk perusahaan manufaktur logam aluminium. Akan tetapi tetap dibutuhkan pemasaran digital untuk lebih mengenalkan produknya terutama di generasi milenial. Agar tujuan pemasaran dapat berhasil sesuai dengan tepat, maka pengusaha perlu mengetahui tentang pemasaran berbasis digital.

Menurut webdev-id.com ada 5 jenis pemasaran digital, yaitu:

  1. Search Engine Optimization (SEO) atau optimasi mesin pencari yaitu mengoptimasi website, artikel ataupun halaman di dalam web menggunakan keyword yang relevan dengan bisnis yang digunakan.
  2. Pay per Click yaitu pembayaran setiap kali iklan diklik oleh pengguna jenis ini memberikan hasil yang relative cepat karena iklan muncul di halaman pertama dan iklan dapat diatur berdasarkan target pengusaha.
  3. Email marketing yaitu mengirim email berupa info promo dan produk baru. Jenis ini mampu menjalin komunikasi dengan pelanggan secara personal untuk membangun kepercayaan pelanggan pada produk yang digunakan.
  4. Content marketing yaitu adanya interaksi pengunjung dengan pembaca content yang dibuat pengusaha yang secara tidak langsung berpengaruh terhadap produk yang ditawarkan.
  5. Social media marketing yaitu media yang mampu menghubungkan pengusaha dengan pelanggan. Seperti facebook, youtube ataupun Instagram. Jenis ini saat ini sangat banyak, sehingga dapat dijadikan media yang sesuai untuk menjangkau banyak pelanggan. Sosial media ini juga dapat berupa toko online dan influencer marketing yaitu dengan menggunakan selebritis, youtuber, public figure, bloggers, selebgram. Penggunaan influencer marketing juga memberi pengaruh untuk mengajak suatu komunitas menggunakan produk tertentu.

Ada perusahaan manufaktur logam aluminium yang sudah melakukan pemasaran digital. Biasanya menggunakan Search Engine Optimization untuk memunculkan hasil pencarian website di halaman atas dan Social media seperti Alexindo dan Alcomexindo. Selain itu pemasaran digital juga digunakan untuk menyakinkan client atau konsumen terhadap produknya. Hal ini akan lebih efektif apabila didukung dengan pelayanan yang prima, harga produk terjangkau, hasil produk bagus, pengiriman produk cepat.

Untuk mencapai hasil pemasaran yang efektif maka pengusaha wajib mengenali siapa target pasar atau Segmenting Target Positioning (STP). Di era digital, perusahaan manufaktur logam aluminium dituntut selalu memperhatikan pemasaran yang efektif terutama pemasaran digital. Sehingga membuka peluang terhadap industri domestik maupun internasional. Membangun hubungan baik dengan setiap pelanggan menjadi kunci pemasaran hingga pada akhirnya orang-orang di sekitar kita yang mampu dengan sukarela merekomendasikan suatu produk.

Penulis : Donny Marshal, ST, Mahasiswa Magister Management in Technology (MMTech) President University

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *