Sel. Sep 27th, 2022

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

POLA PIKIR OUT OF THE BOX HARUS DIMILIKI OLEH UMKM DI KABUPATEN BEKASI

4 min read

Oleh Js.Sulaksono (Sony).

Terinspirasi Buku berjudul THINKING OUT OF THE BOX FOR PROVIT
Nur Kuntjoro

Cikarang||Warta Kadin.

Apakah kita sudah pernah mendengar dengan istilah berpikir out of the box, metode dan cara berpikir seperti ini dirasakan sangat penting, maka dari itu penulis merefresh kembali konsepsi apa saja tentang bagaimana caranya pola pikir out of the box ini, agar tidak hanya dipahami dan dikuasai, konon oleh kalangan designer dan dunia kreatif saja, tetapi pola pikir ini bisa diadopsi, dan dipakai oleh semua kalangan Pelaku Usaha, penggiat organisasi ataupun Pengurus Lembaga kebijakan lainnya. Dan menjadikan metode ini sebagai alternatif dalam mengembangkan langkah dan strategi usaha, program kerja, sheet goals dsb.

Karena dari pola pikir ini, akan melahirkan kebiasaan-kebiasaan positif kreatif dan inovatif, apalagi jika kita membiasakannya sebagai bagian dari Habit kita sehari-hari, kemudian dampaknya akan lahir dan muncul berbagai macam ide-ide kreatif, inovatif, gagasan cemerlang. Dan tidak heran seiring pengembangannya nanti, kita akan lebih melihat dampak jangka panjang sebagai cara pandang untuk berpikir selalu out of the box.

Out of the box adalah sebuah istilah yang menggambarkan cara berpikir yang mampu melampaui batasan dirinya, dengan cara melatih diri untuk berpikir di luar dari berpikir yang umum dan biasa-biasa saja. Untuk melatihnya membutuhkan kemampuan dan keberanian, terutama keberanian mematahkan suatu kebiasaan yang sudah menjadi bagian dari kehidupannya sehari-hari. Sepintas cara berpikir seperti ini dianggap sulit untuk dilakukan. Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melatih diri agar kita bisa berpikir secara out of the box.

Berikut 6 metode yg bisa kita jadikan kebiasaan agar paradigma berpikir kita bergeser ke pola pikir Out of The Box

1. Melakukan information searching sebanyak-banyaknya terkait hal yang perlu mendapatkan jawaban atas beberapa kuisioner yang sedang kita gali substansinya.
Metode ini adalah cara untuk melatih pola pikir yang tidak biasa, dari pengumpulan informasi yang didapat tidak hanya berasal dari internet saja, melainkan dari Koran, buku dan lain sebagainya. Dengan catatan kunci untuk mendapatkan informasi ini berasal dari cara membaca. Karena Banyaknya sumber literatur yang dibaca bisa menambah wawasan, semakin banyak informasi yang didapatkan, maka semakin mudah juga untuk bisa memulai berpikir out of the box. Dampaknya bisa menambah penguasaan materi keilmuan, pengetahuan, dan cabang ilmu yang didapatkannya pun tidak akan stuck pada satu bidang saja, melainkan pada beberapa bidang.

2. Memperluas Jaringan Relasi.
Cara melatih pola pikir yang tidak biasa yang selanjutnya adalah dengan memperluas jaringan relasi. Perlu diketahui bahwa faktor lingkungan pergaulan bisa mempengaruhi pola pikir seseorang. Seseorang tidak akan bisa memiliki pola pikir out of the box jika hanya bergaul dengan lingkungan yang Toxic. Biasanya lingkungan seperti ini hanya menyebarkan rasa iri dan dengki saja.
Cobalah mulai membangun kebiasaan untuk bisa bergaul dengan orang-orang yang memiliki pemikiran out of the box. Sehingga nantinya, bisa belajar dari lingkungan tersebut.

3. Selalu Mencari Banyak Pengalaman.
Agar bisa terus menerus melatih pola pikir ini, maka kita harus mencari banyak pengalaman. Pengalaman ini nantinya bisa membuat kita menjadi pribadi yang baik dari hari ke hari. untuk bisa mendapatkan pengalaman dalam berpikir out of the box, ada beberapa media yang bisa kita ikuti seperti wabinar mengikuti komunitas, pelatihan kompetensi, seminar, atau melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya.
Ketika kita memilih untuk mencari pengalaman, maka harus siap dan bersedia mengorbankan tenaga, waktu, sampai dengan uang. Bagi beberapa orang yang bersungguh-sungguh, maka tidak akan masalah jika harus mengorbankan semua itu. Justru hal ini akan sangat menyenangkan bagi dirinya, karena bisa mendapatkan berbagai macam hal baru.

4. Biasakan melakukan serta menciptakan Berbagai ide baru Pada rutinitas kita sehari-hari.
Karena salah satu cara untuk bisa melatih pola pikir yang tidak biasa, adalah dengan melakukan berbagai Ide baru pada rutinitas sehari-hari. Ada banyak sekali rutinitas baru yang mungkin bisa kita ciptakan misalnya berolahraga setiap pagi hari, membaca buku, dan lain sebagainya. Ada baiknya jika rutinitas baru yang dilakukan disesuaikan dengan hobi atau kesukaan. Agar nantinya bisa membuat kita good mood dan lebih menjadi bahagia.

5. Egaliter dan Biasakan Terbuka Terhadap Masukan Orang Lain yang konstruktif.
Kebanyakan orang kerap tidak bisa menerima masukan orang lain. Tentu saja hal ini tidak hanya sekadar ego, ambigu dsb, melainkan merasa dijatuhkan oleh masukan orang lain, bisa menjadi salah satu faktornya. Sebenarnya, jika lingkungan mu adalah lingkungan orang-orang yang berpikir out of the box, tidak pragmatis, maka setiap masukan yang diberikan dipastikan mampu berdampak positif, bisa membangun diri. Kebiasaan ini perlu terus dibangun, belajar dan melatih diri agar bisa menerima masukan sepanjang masukan tsb positif, dari orang lain harusnya bersyukur karena itu artinya mereka masih peduli. Biasanya, ruang lingkup dari masukan sendiri sangatlah luas, bisa apa saja, bisa memberi masukan atas sikap kita, sifat, cara berpikir dan cara berpakaian. dsb.

6. Selalu Mencoba Untuk Berpikir Kritis
Cara mengatasi pola pikir yang tidak biasa yang selanjutnya dengan mencoba menanamkan dalam pikiran kita untuk selalu berpikir kritis. Dengan berpikir kritis, kita akan dituntut untuk tidak langsung setuju dengan apa saja yang dilontarkan oleh orang lain. Jika memang apa yang diucapkannya terasa kurang atau sedikit janggal, maka akan lebih baik kita memutuskan untuk menanyakan atau menyanggahnya.
Berpikir kritis tidak hanya mengasah otak untuk bisa berpikir lebih jauh, tetapi juga membuat diri disenangi oleh siapa saja. Namun ketika kita berpikir kritis, hendaknya menyoroti berbagai hal yang sangat penting saja. Jangan sampai pembahasan menjadi melebar dan ujung-ujungnya tidak disukai orang lain. Berikan solusinya sepanjang muatan kritis nya membutuhkan jalan keluar.

Setelah mengetahui berbagai hal, maka langkah selanjutnya kita harus mengetahui mengenai cara untuk bisa berpikir out of the box dengan beberapa cara di bawah ini.

1. Mulai Keluar Dari Zona Nyaman
Setiap orang nyatanya akan kesusahan untuk bisa keluar dari zona nyamannya. Hal ini tentu bisa menjadi penghambat, karena memang zona nyaman sendiri bisa menjadi penghalang bagi siapa saja yang ingin bisa berpikir out of the box. Oleh sebab itu, kita harus bisa keluar dari zona nyaman ini secara perlahan. Berproses sampai akhirnya kita mampu meninggalkannya.

2. Meninggalkan Hal yang membuat Ragu. Pesimistis dan keraguan
seringkali membuat seseorang kembali lagi untuk berpikir di dalam kotak. Bahkan, bisa membuatnya meninggalkan pemikiran out of the box. Tentu saja jika dibiarkan, hal ini tidak baik dan hanya akan membuat kita susah berkembang. Oleh sebab itu, cobalah untuk meninggalkan keraguan, membuang rasa pesimis dan menjauh dari lingkungan yang hanya membuat kita negatif.
Itulah beberapa hal mengenai pola pikir out of the box. Pola pikir ini memang harus dimiliki oleh setiap orang, agar kehidupan yang dijalani bisa lebih berkembang. Untuk bisa melatihnya ada banyak cara melatih pola pikir out of the box yang bisa dilakukan.

Penulis adalah Direktur Eksekutif Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kabupaten Bekasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos-pos Terbaru