Sat. Jan 16th, 2021

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Produk Bandeng UMKM Desa Jungsemi Sudah Tembus Luar Negeri

2 min read

Kendal, wartakadin. Produk bandeng UMKM desa Jungsemi Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal, pemasarannya sudah sampai ke luar negeri.

Produk bandeng Mino Semi yang berupa presto, cabut duri dan bakar bisa menjadi andalan untuk mengangkat branding Kabupaten Kendal sebagai Kota Produsen Olahan Aneka Bandeng.

Potensi bandeng Kendal saat ini sudah berkembang di wilayah Pantura Kendal yang menjadi pusat perikanan bandeng yang sebagian besar oleh pemilik tambak tidak hanya dijual mentahan tetapi sudah diolah menjadi produk bandeng cabut duri, presto, pepes, kripik kulit dan duri bandeng, dendeng dll.

Produsen olahan bandeng ini hingga kini masih eksis dan bisa dicari selain di desa Jungsemi juga berada di desa Kartika Jaya Kecamatan Patebon. Di Bandengan, Kendal Kota dan desa Wonorejo Kecamatan Kaliwungu.

Dalam pengamatan wartakadin.com, rata-rata produsen olahan bandeng ini sudah miliki pasar sendiri-sendiri. Walaupun Pemerintah Kabupaten Kendal sudah membentuk mereka dalam Klaster Bandeng Kendal, tetapi mereka lebih senang berjalan sendiri-sendiri.

Hal ini, bisa saja terjadi, karena produk UMKM Bandeng Kendal hingga kini belum ada tempat promosi semacam otlet atau lokasi pusat pemasaran UMKM Bandeng.

Pemerintah Kabupaten Kendal kedepan tentunya perlu angkat mereka agar berkembang dan dikenal luas.Paling tidak bisa melalui pemberdayaan ekonomi desa yang didukung dana desa untuk membiayai lakukan promosi dan membangun jaringan pasar.

Contohnya seperti yang sudah dilakukan oleh Kepala Desa Jungsemi Dasuki yang sudah mengangkat UMKM melalui BUMDes yang sudah keluarkan dana sebesar Rp 150 juta berupa peralatan serta sarana penunjang UMKM desa Jungsemi.

Selain dibukakan otlet produk UMKM di lokasi Balae Desa Jungsemi, Pemerintah Desa juga menghadirkan Steakholder seperti UPGRIS dengan penelitiannya dan Anggota DPR RI Mujib Rohmad yang biasanya membantu dalam upaya meningkatkan produksi olahan bandeng. Dukungan juga datang dari Camat Kangkung Ardhi.

Pelaku UMKM desa Jungsemi yang sudah diberi tempat untuk promosi ini selain olahan bandeng, ada minuman kunir asem, jahe serbuk merah, semprong dari bahan jagung dan ketela, wedang uwuh, minuman herbal dari rempah-rempah Nusantara, minuman Isotonik yang bahannya berasal dari semangka rawa dan melon, kopi lowo Ireng dll.

Mereka juga pernah gelar promosi di Kendal Expo Tahun 2019 yang mewakili Kecamatan Kangkung yang dibantu penyediaan estalase dari BAZNAS Kabupaten Kendal. (Sriyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *