Ming. Sep 25th, 2022

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

PUSDIKLAT DUKINSI DI HARAPKAN HADIR SEBAGAI TRIGGER 

2 min read

Oleh : Drs.Heri Susanto

Ketua Pokja Kajian Pasar Kerja, TIM KOORDINASI DAERAH REVITALISASI PENDIDIKAN VOKASI DAN PELATIHAN VOKASI KABUPATEN BEKASI.

 

CIKARANG||WARTA KADIN.

Merumuskan serta mencari solusi terbaik dalam menanggulangi pengangguran pada angkatan kerja di Kabupaten Bekasi yang setiap tahunnya terus meningkat harus dilakukan dengan cara simultan dan berkelanjutan.

Disamping itu harus ada aturan perundang-undangannya, sampai di aturan terendah nya seperti SK Bupati, juga harus ada langkah trobosan sebagai platform agar program Dukinsi memiliki Kerangka Acuan.

Finomena tentang kondisi angkatan kerja yang tidak mampu terserap oleh pasar kerja industri sangat memperihatinkan, hal ini tidak bisa dibiarkan terus melaju tanpa ada upaya bersama untuk mencari solusinya.

Latar belakang pemikiran itulah kemudian melalui SKEP dan aturan yang dimungkinkan KADIN Kabupaten Bekasi membuat Badan ad-hock diluar kepengurusan, yang diharapkan dapat konsisten bekerja sama dengan pemerintah daerah, asosiasi dan Himpunan yang terapiliasi dengan KADIN, untuk saling merumuskan secara komprehensif dengan melibatkan stakeholder lainnya.

Ada Forum HRD, IPHRD, serta Asosiasi Praktisi HRD yang juga harus diajak duduk bersama dalam mencarikan solusi ketenagakerjaan khususnya pada angkatan kerja di kabupaten Bekasi yang setiap tahunnya terus bertambah.

Untuk itu dirasakan sangat tepat dengan muncul nya Perpres 68 tahun 2022 tentang Revitalisasi pendidikan Vokasi dan Pelatihan Vokasi, hadirnya lembaga Pusdiklat Dukinsi adalah instrumen yang disiapkan oleh KADIN Kabupaten Bekasi sebagai Reshouces agar harapan Presiden, Bapak Jokowi disambut baik oleh para kepala daerah, termasuk Pj. Bupati Bekasi dan SKPD terkait.

Pusdiklat Dukinsi adalah hasil dari sebuah kebijakan internal KADIN Kabupaten Bekasi, dibentuk bertujuan mengidentifikasi permasalahan ketenagakerjaan ditengah masyarakat Kabupaten Bekasi untuk menciptakan angkatan kerja agar memiliki skill dan kompetensi, mampu bersaing mendapatkan kesempatan kerja dan mampu mengisi kebutuhan pasar kerja industri yang ada di Kabupaten Bekasi.

Namun ada program lain juga yang akan dihadirkan oleh Pusdiklat Dukinsi, yaitu mencetak pengusaha muda melalui pelatihan berbasis kompetensi, karena kesempatan berwirausaha adalah bagian yang harus bisa diciptakan dalam portofolio KADIN DUKINSI.

Harapan kedepannya dari program Pusdiklat Dukinsi ini, mampu menciptakan Wirausaha baru yang mandiri dan berdaulat secara ekonomi melalui kegiatan vokasi dan pelatihan berbasis Kompetensi (PBK).

Yang inshaa Allah waktu dan tempatnya akan dilaksanakan pada hari Rabu, 31 Agustus 2022 pukul 07.00 s/d Selesai di Ruko Green Market, Jl. Dr. Cipto Mangunkusumo Nomor J-73, Simpangan, Kecamatan Cikarang Utara, Kabupaten Bekasi.

Kegiatan Launching ini bertepatan dengan memperingati HUT RI ke 77, KADIN Kabupaten Bekasi bekerjasama dengan APTISI Komisariat IVA akan menyelenggarakan Workshop sehari dengan tema “Teknik Konversi AC Hemat Energi & Ramah Lingkungan”.

Workshop tersebut akan dihadiri 20 peserta dari angkatan kerja Kabupaten Bekasi yang belum bisa terserap bekerja di sektor manufaktur. Dan 20 orang lagi terdiri dari para Teknisi AC/ UMKM sektor jasa service & perbaikan AC yang bekerja di wilayah Kabupaten Bekasi.

Untuk Program PBK Teknik AC Hemat energi dan Ramah Lingkungan, Pusdiklat Dukinsi bekerjasama dengan asesor dari APTISI Komisariat IVA dalam program sertifikat kompetensi BNSP.

Demikian kiranya rencana kegiatan Pusdiklat Dukinsi yang dapat kami sampaikan dengan harapan acara launching dan workshop tersebut berjalan sukses. Dan harapan kedepannya dapat menjadi Platform yang bermanfaat untuk para pencari kerja di Kabupaten Bekasi dan tempat bernaungnya asesor dan praktisi Industri yang akan memberikan sumbangsih pemikiran, pengetahuan dan kompetensi untuk mengangkat skill dan kemampuan SDM Kabupaten Bekasi dalam mengisi potensi dan peluang pasar kerja pada Industri yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos-pos Terbaru