Sab. Sep 18th, 2021

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Samsul Hidayat Pionir Usaha Sablon Dan Cetak Digital Di Pedesaan

1 min read

Kendal, wartakadin. Tempat dimanapun berada, atau di atas bukit terpencil pun sekarang tidak menjadikan penghalang untuk membangun usaha dan pengembangannya.

Kepada wartakadin.com di rumahnya menyampaikan, sebelum buka usaha sendiri punya pengalaman sebagai penjual jasa marketing percetakan dimana saja. “Yang penting cari order dapat komisi,” ungkapnya.

Hal ini dialami pula oleh Samsul Hidayat (32 tahun) yang membuka usaha sablon dan percetakan undangan di pelosok pedesaan, tepatnya di desa Kebonagung RT 02/RW 04 Kecamatan Ngampel Kabupaten Kendal Jawa Tengah dikenal dengan brandnya “Galery Undangan Kendal” Mas Dayat dan Mbak Lika istrinya.

Karena dalam era teknologi canggih maupun perkembangan transportasi tidak ada lagi jarak, waktu dan ruang. Semua itu bisa teratasi manakala bisa menggunakan atau memanfaatkan teknologi dan alat transportasi.

Dari situ diceritakan ada beberapa percetakan yang dikenalnya sekalian belajar cara kerja percetakan. Setelah merasa cukup dan dari hasil tabungan digunakan untuk memulai usaha yang buka cetakan undangan dengan mesin cetak digital merk Xerox.

Mesin Xerox maksimal luas cetak ukuran A3 (32 X 48) cm2 yang seukuran cetak majalah. Dan dari keuntungan ditabung bisa beli lagi mesin cetak HP Page Weide ukuran folio.

Dalam mendapatkan order dan pelanggan, Samsul katakan dengan memanfaatkan face book, online yang dibantu istri dengan sering posting hasil produk cetakan dan kaos sablon. Dimana dari perkembangan market ditemukan order pesanan sablon kaos yang didesain sendiri dan dikerjakan dengan mesin sablon dirumahnya.

Cetak undangan dapat keuntungan 400 rupiah yang dikalikan 1000 undangan dapat keuntungan Rp 400 ribu. “Sebesar ini adalah keuntungan riseler (marketing). Atau jasa seseorang yang mencarikan order,” ungkap Samsul.

Dan untuk cetak undangan harga per 1000 itu relatif yang tergantung permintaan si pemesan. Sedang pemesanan sablon dengan kaosnya per satu kaos harga maksimal Rp 70 ribu. Soal harga juga tergantung kualitas kaos yang diminta Juga order cetak undangan per 100 hingga 1000 lembar itu harganya relatif katanya. (Sriyanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *