Mon. Oct 26th, 2020

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Sepuluh Bandara di Indonesia Raih Akreditasi Internasional ACI World

2 min read

Sepuluh bandara yang dikelola Angkasa Pura Airports berhasil mendapatkan akreditasi dari ACIWorld dalam program ACI Customer Experience Accreditation.

Kesepuluh bandara tersebut adalah I Gusti Ngurah Rai Bali, Juanda Surabaya, Sultan Hasanuddin Makassar, SAMS Sepinggan Balikpapan, Jenderal Ahmad Yani Semarang, Internasional Lombok, Sam Ratulangi Manado, Adi Soemarmo Surakarta, Pattimura Maluku dan El Tari Kupang.

Angkasa Pura Airports merupakan perusahaan operator bandara pertama di Asia-Pasifik yang mayoritas bandaranya berhasil menjadi bagian dalam akreditasi ini.

Keberhasilan memperoleh akreditasi kelas dunia ini merupakan wujud komitmen Angkasa Pura Airports dalam meningkatkan pelayanan ke penumpang yang dinilai dari costumer understanding, strategy, measurement, governance, airport culture, service design&airport community collaboration.

GM Angkasa Pura I Farid Indra Nugraha, Selasa (6/7/2019) menyampaikan,”Suatu prestasi membanggakan khususnya Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan salah satu Bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I (Persero) terakreditasi pelayanan tingkat dunia.”

Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan juga berhasil meraih penghargaan pada 4 kategori yakni:

1. Bandara terbaik di Asia-Pasifik dengan jumlah penumpang 5-15 juta orang per tahun

2. Bandara terbaik di bidang lingkungan dan suasana dengan jumlah penumpang 5-15 juta orang per tahun

3. Bandara terbaik di bidang pelayanan pelanggan dengan jumlah penumpang 5-15 juta orang per tahun

4. Bandara terbaik di bidang infrastruktur dan fasilitasi dengan jumlah penumpang 5-15 juta orang per tahun.

Penilaian didasarkan hasil survei Airport Service Quality (ASQ) yang dirilis 6 Maret 2019 yang lalu di Kanada. Dengan akreditasi dari ACI ini artinya pengelola bandara telah menunjukkan komitmen secara terus-menerus untuk mengulas dan meningkatkan pengalaman pelanggan mereka yang terus berubah, unggul, dan belajar bagaimana mereka dapat terus meningkat.

Perwakilan kesepuluh bandara ini akan hadir untuk menerima sertifikat akreditasi di ACI Customer Experience Global Summit yang akan diadakan di Bali, 2-5 September 2019 mendatang bersama bandara-bandara internasional dunia yang turut mendapatkan akreditasi ini. Bandara tersebut seperti Bandara John F. Kennedy New York (AS), Bandara Chattrapati Shivaji Mumbai (India), Bandara Incheon (Korea Selatan), serta Bandara Stansfield Halifax (Kanada).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *