Ming. Sep 25th, 2022

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Sidak Wamendag Di Pasar Kendal Temukan Harga Minyak Goreng Dibawah HET

2 min read

Kendal, wartakadin. Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) RI, Jerry Sambuaga saat sidak di pasar Kendal dan Kaliwungu menemukan harga minyak goreng per-kg Rp 12,500. Atau lebih murah Rp 3.000 dari harga yang ditetapkan Pemerintah Pusat.

Hal ini diketahui, saat menanyakan kepada penjual sembako di Pasar Kendal bernama Sudarso yang mengaku menjual minyak goreng bermerk seharga Rp 14.000 hingga Rp 15.000 perliter. Dan minyak goreng curah Rp 12.500 perliter. Sedang Sudarso menuturkan, minggu lalu minyak goreng curah antara Rp 14.000 – Rp 15.000. Yang bermerk Rp 16.500 perliter.

Wamendag bersama rombongan di Pasar Kendal selain keliling menemui para pedagang juga berdialog dan menyempatkan memborong cabe.

Kepada wartawan liputan Kendal, Jerry katakan, untuk harga cabe ada yang naik dan ada yang turun. “Tetapi harga cabe relatif menurun,” tuturnya. Untuk harga bawang putih dan bawang merah, katakan turun. Sedang harga kedelai dan sayuran naik. Tetapi beras harga tetap stabil.

Selanjutnya Jerry Sambuaga sampaikan rasa terima kasih kepada Bupati Kendal beserta Jajarannya yang berhasil menstabilkan harga Barang Pokok Kebutuhan Penting (Bapokting) di pasar-pasar Kendal. Ini disampaikan, karena telah menjaga harga Bapokting yang ditetapkan pemerintah pusat. “Ini bisa menjadi contoh bagi pasar lain di wilayah Jawa Tengah,” harapannya.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto mendampingi Wamendag sidag di pasar Kendal mengatakan, selama ini pihaknya telah berkoordinasi dengan OPD terkait stock barang yang harus tercukupi dan tersedia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga harga bisa stabil dan terjaga dengan baik.

Stock barang ini, Bupati Dico katakan, sebagai langkah antisipasi lonjakan harga sebelum lebaran. Meski diskui, di Kendal masih ada peningkatan harga tetapi tidak terlalu signifikan dibanding dengan daerah lain. “Kendal adalah salah satu daerah yang dapat menurunkan harga Bapokting lebih cepat dibandingkan daerah lain,” jelas Bupati Dico.

“Tercukupinya stock kebutuhan pokok masyarakat dan kestabilan harga, sudah menjadi prioritas bagi Pemerintah Kabupaten Kendal,” tegasnya.

Sidak pasar Wakil Menteri Perdagangan pada Selasa (19/7/2022) selain didampingi Bupati Kendal, ikut pula Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kabupaten Kendal Ferinando Rad Bonay dan Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kendal Pandu Rapriat juga rombongan kelega Jerry Sambuaga dari Kota Semarang. Sriyanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos-pos Terbaru