April 22, 2024

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Sosialisasi Gempur Rokok Ilegal Habiskan Dana 3 Miliar Lebih Untuk Tampilkan Band Gilga Di Stadion Kendal

2 min read

Kendal, wartakadin.com Kegiatan sosialisasi Gempur Rokok Ilegal di Kabupaten Kendal yang biasanya lewat Pemerintah Desa atau Kecamatan, kali ini lewat tampilan Bupati Kendal, Dico M Ganinduto yang berduet bersama Gilga Sahid di panggung terbuka di Stadion Kebondalem Kendal.

Meskipun acara dilakukan pada Senin malam (30/10/2023), karena hadirnya Gilga Band telah menjadi Magnit hiburan rakyat yang menyedot ribuan muda mudi memadati halaman stadion Kendal sehingga target sosialisasi Gempur Rokok Ilegal terlihat lebih efektif yang menjangkau anak-anak muda yang mayoritas juga pencinta rokok selain penggemar lagu-lagu Gilga yang bernada mengalun dan melow.

Sebelum Gilga Sahid tampil bersama Bupati Kendal di panggung, diawali dengan acara sosialisasi perundang-undangan terkait cukai tembakau oleh Biro ISDA Provinsi Jawa Tengah, Een Erliana menjelaskan, rokok yang tidak memenuhi ketentuan undang-undang itu adalah rokok ilegal. Dan rokok ilegal tersebut ciri-cirinya dalam bungkus tidak ditempeli pita cukai (polos), atau ditempeli pita cukai palsu, juga memakai pita cukai tetapi bukan peruntukannya seperti pita cukai bekas atau pita cukai buatan sendiri.

Een mengatakan, Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBCHT) Jawa Tengah menjadi penerima alokasi terbesar kedua Se-Indonesia, setelah Provinsi Jawa Timur.

“Untuk Kabupaten Kendal Tahun 2023 telah mendapatkan alokasi Rp 27 Miliar lebih. Dan setelah anggaran perubahan mendapatkan tambahan sekitar Rp 6 miliar lebih hingga total sekitar 34 miliar,” jelasnya.

Selanjutnya dituturkan, manfaat DBHCHT banyak sekali, rata-rata digunakan untuk kesejahteraan masyarakat, kesehatan, pendidikan, dan sosialisasi penegakan hukum cukai rokok ilegal. Dalam kegiatan sosialisasi malam ini, menurut sumber wartakadin.com dibiayai dari DBHCHT sekitar 10 persen dari 34 miliar, atau 3,4 miliar.

Harapannya disampaikan, melalui kegiatan sosialisasi yang sudah sering dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kendal, agar masyarakat lebih mengerti dan memahami seperti apa jenis rokok yang ilegal, hingga masyarakat dapat terhindar dari sanksi penggunaan rokok ilegal.

Sementara itu, Bupati Kendal, Dico M Ganinduto dalam sambutannya mengatakan, kegiatan sosialisasi malam ini bertujuan untuk penegakan hukum terkait sanksi kepada masyarakat dan karyawan pabrik rokok yang sengaja memproduksi rokok ilegal dan menjual secara umum atau sembunyi-sembunyi.

“Untuk itu, mari kita semua bersama-sama harus mencegah peredaran rokok ilegal. Karena peredaran rokok ilegal itu sangat merugikan pendapatan negara,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Kendal juga menghimbau agar masyarakat yang hadir dalam acara sosialisasi itu berlaku tertib dan dapat menjaga kondusifitas selama kegiatan berlangsung.

Bupati Dico M Ganinduto menyampaikan rasa kegembiraannya atas antusias kaum muda yang hadir dan menyaksikan hiburan dari tampilan Gilga Band dengan harapan semoga kegiatan ini bermanfaat khususnya bagi masyarakat Kabupaten Kendal. Sriyanto

About Post Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *