Tue. Oct 27th, 2020

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Talk Show Sekolah Sariputra Dengan Tema “MENGENALI BAKAT MINAT ANAK SEJAK USIA DINI”

1 min read

Sekolah Sariputra yang beralamat di Jl. RE Martadinata, Gg Nakula No. 35 A Cikarang Utara pada tanggal 2 Nopember 2019 lalu mengadakan open house. Kegiatan berisi berbagai perlombaan, seperti lomba melukis, menyanyi, baby dance untuk usia 2-3 tahun, mewarnai, fashion show, tari tradisional serta try out untuk kelas 6 SD.
Acaranya semakin ramai dan seru dengan digelarnya Talk Show bersama Psikolog Klinis Anak Yohana Bertha Damarwulan Siregar,S.Psi,M.Psi,Psikolog dengan Tema “Menggali Bakat Minat Anak Sejak Usia Dini”. Menurut Psikolog dengan panggilan Bertha Siregar ini bahwa bakat dan minat anak berasal dari diri anak tersebut, sementara orang tua hanya mendukung dan memberikan motivasi.

Bertha Siregar menyebutkan, bakat dan minat anak sudah terlihat di usia 4 tahun, apa yang dia gemari dengan melihat secara observasi. Rata-rata sebagian sekolahan sudah bekerja sama dengan Psikolog untuk melihat bakat dan minat anak. Menurutnya ada beberapa cara untuk menggali bakat anak sejak dini dengan mengenali kecerdasan anak, salah satunya kecerdasan logika, kecerdasan linguistic, kecerdasan interpersonal, kecerdasan musical, kecerdasan spasial, kecerdasan kinetic dan kecerdasan naturalis.

Ada 5 Tahap mengembangkan minat dan bakat anak sejak dini antara lain, memberikan stimulus, mengamati tingkah laku dan perhatikan kecerdasannya seperti yang sudah dijelaskan di atas, memberi ruang explorasi dan memberi dukungan positif. Bakat sendiri menurut Psikolog Bertha Siregar muncul dari dalam, natural, lepas dari aspek suka atau tidak suka, tidak mudah berubah dan permanen, aspek genetic lebih dominan. Sedangkan Minat sendiri berasal dari lingkungan, natural, orientasi pada hobi atau kesukaan semata, mudah berubah sesuai dengan tren dan aspek genetic tidak dominan. Untuk anak memasuki SMA bisa mengikuti psikotes penjurusan IPA, IPS atau Bahasa.

Untuk Info lebih lanjut dapat menghubungi :
Sekolah Sariputra No. Telp. Telp. (021) 8902473 dan Whatsapp 08170002473

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *