Sab. Sep 18th, 2021

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Tanah Longsor Timpa Rumah Warga Perum BPK Protomulyo Kendal

2 min read

Kendal, wartakadin. Akibat hujan yang turun terus menerus saat ini telah menyebabkan terjadinya tanah bukit setinggi enam meter longsor yang menimpa rumah di kompleks Perumahan Bukit Permata Kaliwungu (BPK) yang tepat berada dibawahnya.

Rumah yang tertimbun tanah longsor itu adalah milik warga Perumahan Bukit Permata Kaliwungu, RT 05/RW 06 Desa Protomulyo Kecamatan Kaluwungu Selatan Kebupaten Kendal Jawa Tengah, yang terjadi pada Kamis dini hari pukul 2.30 wib (4/2/2021) disaat pemilik rumah sedang tidur nyenyak.

Pagi harinya seorang Kadus setempat langsung melaporkan kepada kepala desa hingga Kades Protomulyo Jumarno langsung meninjau ke lokasi tanah longsor yang mengakibatkan rusaknya bangunan rumah milik warga desa Protomulyo.

Kades Protomulyo Jumarno menunjuk bangunan rumah yang rusak akibat tanah longsor

Saat tinjau lokasi, Kades Protomulyo Jumarno kepada wartakadin.com sampaikan, tanah longsor itu akibat dari hujan deras terus menerus menyebabkan bukit yang yang berada tegak lurus disamping rumah rumah warga runtuh menimpa bangunan rumah milik warga bernama Mas Adi.

Kades Jumarno jelaskan pula, warganya yang rumahnya tertimpa tanah longsor itu terletak persis disamping bukit yang berdiri tegak lurus dengan ketinggian sekitar 6 meter. Selanjutnya katakan, tanah bukit yang tepat berada disamping rumah korban itu cukup rawan yang bisa membahayakan rumah-rumah yang berada disampingnya, selain karena tidak dibentengi dengan talud. Imbuhnya.

Kades Jumarno menaksir kerugian yang diderita warganya yang melihat kerusakan bangunan rumah diperkirakan butuh dana Rp 50 juta untuk perbaikan rumah dan pembangunan talud agar tidak longsor lagi.

Dana sebesar itu katanya, akan diusulkan ke Pemerintah Kabupaten Kendal dengan harapan terealisasi dengan cepat sebagai langkah tanggap darurat bencana di wilayah kabupaten Kendal. Demikian harapannya.

Sementara, Mas Adi yang rumahnya tertimpa tanah longsor saat ditemui wartakadin.com sampaikan ucapan terima kasihnya kepada Kepala Desa Protomulyo yang telah menaruh perhatian dan bantuannya kepada warganya yang tertimpa musibah.

Selanjutnya sampaikan, “Mudah mudahan dengan ukuran tangan bapak Kades Jumarno, rumah kami bisa segera mendapatkan bantuan untuk perbaiki bangunan rumah yang rusak akibat tanah bukit disamping rumah yang longsor,” harap Mas Adi disampaikan kepada wartakadin.com. (Sriyanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *