Fri. May 14th, 2021

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

TPA Darupono Baru Belum Operasional, Baru Taraf Uji Coba Sudah Dikeluhkan Bau Sampahnya

2 min read

Kendal, wartakadin. Tempat Pemprosesan Akhir (TPA) Darupono Baru untuk menggantikan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Darupono Kabupaten Kendal yang dihentikan aktivitasnya, dibangun dengan biaya APBN Tahun 2020 lewat Kementerian PUPR senilai Rp 20,79 miliar tahap I kini sedang dilakukan uji coba oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kendal yang berjalan baru satu minggu tetapi sudah dikeluhkan oleh warga setempat.

Warga tersebut adalah Bambang Sukindro, seorang pengusaha lesehan ikan bakar “Duren Jati” yang berlokasi tepat disebrang jalan TPA Darupono Baru, kepada wartakadin.com mengeluhkan karena menghirup bau yang tak sedap berasal dari sampah di TPA Darupono Baru.

Bambang Sukindro menanyakan, TPA yang dibangun dengan anggaran yang cukup besar dari Pemerintah Pusat itu apakah sudah sesuai dengan AMDAL dan teknis yang benar. “Baru berjalan belum ada satu minggu ternyata bau sampah sudah menyebar ke lokasi usahanya,” keluhnya.

Juga sampaikan, baru awal berjalan mengapa bau sampah sudah menyebar kemana-mana hingga menanyakan kepada pihak pengelola. “Apa sudah sesuai dengan teknis awal pembangunan TPA yang tahapannya sesuai dengan informasi yang dilengkapi sarana dan prasara modern yang tidak berdampak terhadap lingkungannya,” tambahnya.

Sementara PLH Ka. Dinas Lingkungan Hidup Kab. Kendal Drs. Irwin Suryono MH saat dikonfirmasi adanya bau sampah di TPA Darupono Baru menyampaikan rasa terima kasihnya dengan informasi itu.

Dan mengatakan, bila telah menimbulkan bau, akan saya cek ke lokasi untuk melihat bagaimana penanganan sampah di TPA itu sudah sesuai dengan petunjuk teknis berupa papan petunjuk yang dipasang di sana.
Selain dijelaskan, TPA yang baru tidak seperti TPA lama. Dimana, sampah keberadaannya hanya ditimbun saja (open dumping). Sedang di TPA yang baru ini sudah memakai sanitary landfill (instalasi limbah cair), tuturnya.
Juga sampaikan, sampah di TPA baru itu juga dipilah pilah yang dipisahkan sampah organik dan non organik. Sedang limbah cair yang dihasilkan dari proses timbunan itu ditampung di bak pengolahan limbah cair yang tidak akan mengalir kesungai atau meresap kedalam tanah. Sementara, baunya telah disalurkan keudara melalui pipa saluran keatas, jelas Irwin.

Diakuinya, pembangunan TPA Darupono Baru itu masih tahap awal di TA. APBN 2020 sebesar Rp 20,79 miliar itu belum diserahterimakan hasil pembangunan phisik dari kontraktor yang ditunjuk Kementerian PUPR kepada Pemerintah Kabupaten Kendal.

Tetapi dinasnya sudah meminta ijin ke Kementerian PUPR untuk operasionalnya. Dan saat ini, dikatakan sedang lakukan uji coba yang menempatkan petugas operator timbangan untuk mengetahui rata rata per harinya ada berapa ton sampah yang dibawa oleh truk sampah dari berbagai wilayah kecamatan di kabupaten Kendal.

Di lokasi TPA Darupono Baru diperoleh gambaran sementara dari keterangan petugas (operator) timbangan menyampaikan, baru tiga hari berjalan, penimbangan dimulai diperoleh rata rata per hari mencapai 70 ton sampah.
Kabid Pengelolaan Persampahan, LB3 Dan Pertamanan. Wajuono Irwanto, SH yang mendampingi PLH Irwin Suryono menambahkan, bahwa TPA Darupono Baru saat ini baru selesai tahap I yang akan dilanjutkan ke tahap II untuk pembangunan kelengkapan sarana dan prasarana sesuai dengan petunjuk teknis pembangunan TPA dengan teknologi modern. Dimana anggaran yang sudah disediakan dari Pusat itu sebesar Rp 35 miliar.”Jadi sisa anggaran itu untuk melanjutkan pembangunan berikutnya,” tambahnya.

Terkait dengan keluhan adanya bau sampah, Wahjuono sampaikan rasa herannya dengan alasan bahwa lokasi penimbunan sampah di TPA Darupono Baru itu lokasinya sudah cukup jauh dari pemukiman penduduk. Dan saat ini, baru taraf uji coba sementara menunggu serahterima pembangunan TPA tahap I dari pihak kontraktor kepada Pemkab. Kendal. Demikian Wahjuono menegaskan kepada wartakadin.com. (Sriyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *