April 23, 2024

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Transaksi Keuangan Antara Konsumen Dengan Pengusaha Hotel dan Restoran Di Kendal Akan Dipasang Alat Rekam Elektronik

2 min read

Kendal, wartakadin.com Melangkah lebih maju telah dilakukan oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Kendal dalam meningkatkan pendapatan daerah yang bersumber dari pajak keuntungan pengusaha hotel dan restoran dengan memasang alat monitoring perekam data electronik saat terjadi transaksi keuangan dengan para konsumen.

Untuk pemasangan alat tersebut, hari ini disosialisasikan yang diikuti oleh anggota PHRI Kendal dan pengusaha lainnya di Kendal yang berlangsung di Aldila Resto pada Rabu (06/09/2023) dibuka Sekretaris Daerah Kendal Ir. Sugiono MT mewakili Bupati Kendal karena sedang mengikuti kegiatan di Semarang.

Hadir pada kegiatan sosialisasi pemasangan alat monitoring perekam data electronik transaksi keuangan antara lain, Sekda Kendal Sugiono, Forkopimda, Kadis Porapar Kendal, Ketua PHRI Kendal Cahyanto dan narasumber dari Inspektorat Kendal, Tavip Purnomo.

Maksud dan tujuan kegiatan ini oleh Kepala Badan Pendapatan Daerah Kab. Kendal, Abdul Wahab dijelaskan sebagai tindak lanjut dari acara tolkshow Bupati Kendal bersama KPK RI pada 15 Mei 2023 di Aldila Resto Kendal tentang optimalisasi pajak daerah dan peningkatan pemahaman serta kepatuhan pajak daerah bagi wajib pajak hingga terjadi peningkatan realisasi pajak daerah utamanya di sektor pajak restoran dan hotel di Kendal.

Lebih lanjut dikatakan bahwa pemasangan alat perekam transaksi keuangan electronik ini berdasarkan Perda Kab. Kendal No. 9 Tahun 2019 tentang perubahan Perda No. 11 tentang pajak daerah dan Peraturan Bupati Nomor 19 Tahun 2020 tentang Pelaporan Data Transaksi Pajak Daerah melalui sistem online dan Surat Edaran Sekda Kendal tentang kewajiban mencantumkan potongan pajak resto pada struk transaksi keuangan yang telah dipungut oleh wajib pajak restoran dan hotel kepada konsumen atau pembeli.

Sementara Sekda Kendal Sugiono menambahkan, adanya pertumbuhan ekonomi di Kendal melalui perkembangan kegiatan proyek-proyek Kendal, kawasan industri dan kawasan ekonomi akan menggerakkan ekonomi Kendal dengan penarikan pajak secara efektif melalui pemasangan alat perecam elektronik transaksi keuangan.

“Secara otomatis pembeli pada saat mbayar itu sekaligus sudah membayar pajak yang cepat, efektif dan efesien yang diterima Pemerintah,” jelasnya.

Harapannya kedepan, dengan dipasangnya alat perecam ini secara keseluruhan akan meningkatkan PAD di sektor pajak pendapatan pengusaha hotel dan restoran dimana Pemerintah tidak lagi menunggu hasil laporan dari pengusaha hotel dan restoran di Kendal terkait pajak yang harus disetorkan. Sriyanto

About Post Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *