Sab. Okt 16th, 2021

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Trobosan Baru Untuk Kembangkan UMKM Kendal

2 min read

Kendal, wartakadin. Forum Pengusaha Kendal (FPK) dibentuk, berawal dari rasa keprihatinan Syamsunar seorang pengusaha penyedia kerangka bangunan dari bahan plastik sintetik (PT. KENDS UPVC) yang melihat UMKM di Kabupaten Kendal yang memiliki potensi besar dalam membangun kekuatan ekonomi dan mengatasi pengangguran di Kabupaten Kendal, tetapi kurang mendapatkan perhatian dan dorongan dari pemerintah setempat.

Dalam pertemuan yang keempat kalinya FPK di ruang meeting PT. KENDS UPVC Pantura Kaliwungu Kendal, untuk persiapkan kegiatan perdananya untuk gelar bazar produk UMKM Kendal di Carcentro Kendal, lokasi yang cukup luas untuk menampung stand-stand UMKM yang dibagi lima eks. kawedanan yang menjadi koordinator tingkat kecamatan di kabupaten Kendal.

Sementara ini data yang sudah masuk baru 40 persen produk UMKM Kendal dari target yang akan ditampilkan di acara bazar UMKM nanti.

Hal ini seperti yang disampaikan ketua Forum Pengusaha Kendal kepada wartakadin.com di acara pertemuan FPK di PT. KENDS UPVC Pantura Kendal pada Kamis (7/10/2021), kemarin.

Sesuai dengan visi dan misi FPK untuk mengangkat UMKM Kendal lebih maju dan naik kelas, diperlukan perangkat yang mendukungnya. Yakni digitalisasi UMKM dalam perluasan pasar melalui online. Akan tetapi biaya yang ditawarkan untuk membuat perangkat online oleh Teknisi sebesar Rp. 40 – Rp 50 juta. Hal ini masih dalam pertimbangan pengurus FPK dikarenakan forum baru saja dibentuk yang belum memiliki dana sebesar itu.

Tetapi terkait dengan rencana gelar bazar Produk UMKM Kendal, saat ini sudah ada sponsor yang bersedia membantu dalam hal pembiayaan penyelenggaraan bazar yang rencana akan digelar dalam bulan ini (Oktober).

Diakui oleh Syamsunar, FPK belum bisa action sebelum persyaratan FPK menjadi salah satu lembaga sosial bidang ekonomi bisa terpenuhi.

Selain himbauan kepada para pengusaha Kendal untuk membangun otlet produk UMKM Kendal di ruang kantor direksi mendapatkan respon hingga terealisasi. Dalam pertemuan itu, Syamsunar berjanji untuk segera membangun otlet produk UMKM Kendal di lingkungan perusahaannya. Dan dalam launching bangunan otlet produk UMKM Kendal akan mengundang wartawan Kendal untuk mengangkatnya dan viral yang berharap menjadi pendorong pengusaha Kendal peduli terhadap kemajuan UMKM Kendal.

Sementara dari pelaku UMKM Kendal yang hadir di pertemuan FPK itu, menyampaikan harapannya, dengan adanya Forum Pengusaha Kendal yang terbentuk dari lintas usaha bisa menjadi kekuatan baru untuk saling bergandengan tangan dalam membangun pasar dan dalam mengembangkan usaha masing-masing dengan membangun silaturahim dan peduli satu dengan lainnya.

Dan secara pribadi, figur Syamsunar sudah dikenal dikalangan pejabat dan pengusaha tingkat nasional untuk menjadi modal dalam mengembangkan UMKM Kendal, dan dalam membangun pasar yang lebih luas. Sriyanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *