Sat. Jan 16th, 2021

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Uji Kompetensi Wartawan Ke-27 PWI Jateng Diharapkan Lulus 100 Persen

2 min read

Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Ke 27 PWI Jawa Tengah selama dua hari (26-27/11/2020) di Hotel Dafam Semarang yang bekerjasama dengan Dinas Kominfo Provinsi Jawa Tengah, diikuti 24 wartawan cetak, radio, televisi dan online berjalan sangat tertib yang mematuhi protokol kesehatan yang menyertakan hasil rapidtest non reaktif yang diserahkan kepada panitia bersama berkas syarat lainnya.

Ada 4 wartawan PWI Kendal yang ikut UKW juga dinyatakan memenuhi syarat menjadi peserta UKW di Hotel Dafam bersama wartawan lainnya untuk diuji kemampuan dan pengalamannya dalam hal teknis menulis berita dan wawancara kepada narasumber sebagai bahan penulisan berita.

UKW yang dibuka Gubernur Jawa Tengah H. Ganjar Pranowo dengan kata sambutan dibacakan PLH Sekda Prov. Jateng Agung Prasetyo Aribowo yang berharap hasilnya positif dengan dibuktikan semakin banyaknya standar kompetensi yang mendorong pemerintah makin dinamis. Dan Pemerintah Provinsi selalu beri dukungan dan memfasilitasi dengan harapan, wartawan semakin berkembang dalam menulis yang kritis sebagai kontrol dengan ide dan kajian yang baik.

Ketua PWI Jateng Amir Machmud dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kegiatan ini memasuki periode 17 yang bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Kepada peserta UKW diingatkan, setiap peristiwa adalah sesuatu yang menarik untuk menjadi berita. “Dalam menyikapinya, dibutuhkan kecakapan dan kompetensi,” tegasnya.

Sambutan lain disampaikan Hendro Basuki dari PWI Pusat mengingatkan, UKW adalah sarana menguji kemampuan wartawan untuk meningkatkan kapasitas profesi di masing-masing jenjang uji kompetensi. Untuk jenjang muda dinyatakan lulus dengan nilai minimal harus mencapai 70 – 78 dan lebih pada teknik jurnalistik. Jenjang madya dinilai dalam leadership dan teknik. Sedang di jenjang utama harus mencapai nilai 80 lebih pada teknis.

“UKW sudah berjalan sejak 2011, dari peserta 12 ribuan hanya sekitar 6 ribuan yang dinilai punya kompetensi yang dibuktikan dengan hasil UKW,” kata Hendro.

Sementara dalam mengikuti uji kompetensi, para peserta yang sudah terbiasa menulis berita cukup merasa grogi juga saat diuji membuat berita didepan penguji yang hasilnya lupa dengan teori pembuatan berita yang memenuhi unsur 5 W 1 H.

UKW berjalan tertib yang mematuhi protokol kesehatan yang memakai masker dengan sertai menyertakan hasil rapidtest non reaktif yang disampaikan kepada panitia bersama kelengkapan persyaratan lainnya untuk menjadi peserta UKW berlangsung dua hari di Hotel Dafam Semarang dengan harapan lulus 100 persen seperti yang disampaikan Gubernur Jawa Tengah dalam kata sambutannya membuka kegiatan ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *