Sel. Sep 27th, 2022

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

UMKM Kendal Terus Dipacu Lewat Promosi Dan Pameran Produk

3 min read

Kendal, wartakadin. Produk UMKM bisa mengangkat nama kabupaten dan kota. Seperti contoh, Kudus dengan jenangnya. Kota Semarang produsen lompia. Magelang dikenal dengan getuknya, dll. “Bagaimana dengan Kabupaten Kendal. Apakah ada makanan khas dan asli yang bisa menaikkan branding Kendal dikenal melalui produk UMKM nya?”

Sebuah pertanyaan yang menjadi kerinduan seorang Dico M Ganinduto setelah menjabat bupati Kendal, bertekad memajukan Kabupaten Kendal melalui visi dan misinya menjadikan Kendal sebagai kota industri dan pariwisata yang perlu mendapatkan dukungan adanya potensi UMKM yang produknya bisa dikenal luas baik dalam negeri maupun mancanegara.

Antara wisata dan produk UMKM saat ini menjadi elemen yang kuat untuk mengangkat nama Kendal, juga untuk menciptakan Magnit yang mampu menghadirkan banyak orang berdatangan di Kabupaten Kendal sehingga Kendal menjadi berkembang dan maju melalui potensi UMKM dan Pariwisata.

Produk UMKM sebagai pendukung tempat wisata yang memiliki magnit mendatangkan banyak orang ini, terus ditingkatkan baik secara kualitas produk dan kemasannya. Dan melihat seperti apa, produk UMKM terus ditampilkan diberbagai ivent dan pameran. Demikian pula pada hari Minggu (13/2/2022) di lokasi wisata alam Omahe Opa Taman Donorejo Dusun Paleman RT.02/RW.02 Desa Sukodadi Patean Kabupaten Kendal telah digelar acara Bazar UMKM Kendal yang dikunjungi Bupati Kendal Dico M Ganinduto beserta istri Chaca Frederica didampingi beberapa camat dan ka.dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kab. Kendal.

Berbagai produk yang dipamerkan antara lain : jenis minuman, batik, hiasan perak, sepatu, dll dari pelaku UMKM yang mewakili beberapa kecamatan di Kabupaten Kendal.

Promosikan UMKM dan Pariwisata. Untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas seperti packaging dan perluasan market. Produk untuk ditingkatkan dengan efesiensi yang baik. Kerjasama dengan digital platform untuk marketing. Promosi melalui Dekranasda Kab. Kendal dan sedang dipersiapkan pembangunan Gedung UMKM Centre untuk menampung produk UMKM Kab. Kendal. Juga kerjasama dengan ekonomi kreatif.

Bupati Kendal Dico M Ganinduto dalam kesempatan itu menyampaikan pesan kepada pelaku UMKM untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitasnya, seperti tampilan packaging produk dan perluasan market melalui kerjasama dengan digital platform yang mengembangkan pasar melalui online.

Selain juga promosi melalui kegiatan Dekranasda Kab. Kendal yang dipimpin istri bupati Kendal Chaca Frederica. Penyiapan 30 UMKM untuk ekspor yang dipandu Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI).

Kedepan kata Bupati Dico, UMKM Kendal akan diwadahi dengan fasilitas UMKM Centre guna menampung produk UMKM agar mudah dikenal secara luas oleh masyarakat Kendal atau di luar Kendal.

Dalam setiap kegiatan pameran UMKM, Dico selalu borong produk untuk dibawa pulang. “Di rumah produk-produk ini saya amati apakah masih ada yang kurang bagus kemasannya. Atau cita rasanya,” ungkapnya.

Demikian pula tidak hanya dengan isteri yang borong produk UMKM di wisata alam Omahe Opa, Dico juga mengajak para camat yang hadir itu untuk membeli produk yang dipamerkan itu agar Pelaku UMKM disitu tidak merugi karena sudah sudah payah membawa produknya untuk meramaikan wisata Omahe Opa.

Sementara Direktur Omahe Opa Utomo DS kepada wartawan liputan Kendal menyampaikan rasa terima kasihnya atas kunjungan Bupati Kendal bersama istri, kepala dinas terkait dan beberapa camat.

Harapannya, wisata yang dibangun diatas lahan kering ini bisa mendorong tumbuhnya obyek wisata alam lainnya di Kabupaten Kendal. “Kendal memiliki daya tarik melalui potensi pariwisata yang dibangun secara modern dan aktual yang dilengkapi dengan aneka mainan yang menarik pengunjung,” ungkapnya.

Selain dengan harga tiket masuk disesuaikan dengan kemampuan ekonomi masyarakat Kendal. Dimana setiap pengunjung Omahe Opa dikenai karcis masuk sebesar Rp 15 ribu untuk hari-hari biasa. Sedangkan pada hari libur sebesar Rp 20 ribu per orang.

Di wisata alam Omahe Opa, para pengunjung bisa menikmati udara segar dan pemandangan alam. Berenang di water park, Keliling areal wisata dengan ATV dan Odong-Odong. Flying Fox, Edu Farm dan Hidroponik. Juga ada panggung musik serta nonton film tiga dimensi. Pengunjung juga bisa melihat atau beli produk UMKM di show room UMKM Omahe Opa. Sriyanto

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos-pos Terbaru