Sab. Sep 18th, 2021

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Untuk Wujudkan Kendal Menjadi Kota Industri Butuh Dukungan Konsep Dan Pemikiran

2 min read

Kendal, wartakadin. Ketua Kadin dan PHRI Kabupaten Kendal Cahyanto menyambut baik ide untuk bentuk lembaga ekonomi Kendal Bisnis Center (KBC) seperti yang digagas H. Prapto Utono Mantan Ketua DPRD Kendal disampaikan melalui wartakadin.com

“Ide Kendal Bisnis Center (KBC) sangat bagus dalam rangka percepatan dan akselerasi mendorong Kabupaten Kendal menjadi Kota Industri,” ungkap Cahyanto.

Lanjut yang dikatakan, “Kita bersyukur Kendal yang akan datang dipimpin oleh bupati yang masih muda, berpendidikan luar negeri dan berwawasan global serta visioner”.

Diharapkan bisa bersinergi dengan para pengusaha yang tergabung dalam KADIN Kendal untuk bersama-sama membangun Kendal yang lebih maju dan berkembang.

“Syukur pesat” yang katakan bahwa kuncinya adalah semua pihak, baik pengambil keputusan, bupati, DPRD, pelaku usaha dan masyarakat se kabupaten Kendal memiliki persepsi dan perspektif yang sama untuk terbentuknya KENDAL BISNIS CENTER sehingga nantinya Kota Kendal akan cepat terwujud menjadi KOTA INDUSTRI

Bambang Sukindro Pengamat Ekonomi Kendal (Pengusaha Lesehan Duren Jati) menambahkan, Kendal saat ini sudah berdiri kawasan industri yang masih butuh dukungan baik dari Pemerintah Kabupaten Kendal, Provinsi maupun Pusat.

Yakni terkait pembangunan infrastruktur seperti jaringan listrik, gas dan air. “Karena ini yang sangat dibutuhkan investor untuk bangun pabrik di Kendal,” ujarnya.

Ditegaskan pula, intinya ketika berbicara tentang kawasan industri maka sarana prasarana harus perfect. Tak boleh nanti menyusul, atau dibuat belakangan.

“Karena semua itu satu kesatuan yang saling melengkapi. Bukankah feasible study kan sudah dilakukan. Tinggal prakteknya saja sesuai hasil studi bandingnya,” tambahnya.

Pendirian kawasan industri di Kabupaten Kendal yang digagas mulai tahun 2003 yang terealisasi pada masa bupati Widya Kandi Susanti dengan payung hukum Perda No.20 Tahun 2011 yang mengatur tentang rencana detail tata ruang berdirinya kawasan industri.

Pembebasan lahan dilakukan pada tahun 2011, Kawasan Industri Kendal (KIK) diresmikan Presiden Joko Widodo pada tanggal 14 November 2016 dan kini ditetapkan Pemerintah Pusat menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang masih butuh dukungan pembangunan infrastruktur untuk mewujudkan Kendal menjadi Kota Industri. (Sriyanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *