Sat. Oct 24th, 2020

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Upaya Kemenhub Tingkatkan Ekspor

1 min read

Upaya dalam mendorong peningkatan ekspor tidak hanya menjadi tanggung jawab Kementerian Perdagangan tetapi lintas kementerian, salah satunya Kementerian Perhubungan. Hari ini (7/7/2019) Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengunjungi ke Pelabuhan Tanjung Priok.

Kemenhub telah menyisir upaya-upaya yang bisa meningkatkan ekspor.Ada beberapa hal yang memang harus ditingkatkan. Salah satunya adalah meningkatkan waktu operasional pelayanan di Pelabuhan Tanjung Priok dengan pelayanan optimal secara terus-menerus selama 24 jam 7 hari seminggu.

Selanjutnya, revitalisasi jalur, pengenaan tarif dan pemanfaatan jaringan jalan secara optimal, khususnya jalan Tol agar di peroleh kecepatan yang lebih memadai, perlu di koordinasikan dengan stakeholder seperti BPJT.

“Banyak kontainer setelah melakukan proses impor barang, truk-truk kontainer tersebut berjalan dalam keadaan tanpa muatan atau kosong. Kami minta kepada cargo owner, atau shipping line untuk menyiapkan supaya jangan ada truk yang kosong. Jadi kita upayakan itu dalam keadaan terisi,” ujar Budi Karya.

Dan langkah terakhir yang harus dilakukan adalah perbaikan sistem. Kemenhub akan tingkatkan koordinasi INSW, Inaportnet dengan Bea Cukai, Pelindo, Syahbandar, OP bersama Ditjen Perhubungan Laut. Hal ini akan dirapatkan minggu depan agar sistemnya bisa menjadi satu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *