Sun. Nov 1st, 2020

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Visi Bangun 100 Kota Baru, SD Darmono Raih Lifetime Achievement Award 2019

2 min read

Di dunia properti namanya sudah sejajar dengan Ciputra dan Mochtar Riyadi, tokoh dengan visi “Membangun 100 Kota Baru di Indonesia” ini dianugrahi Lifetime Achievement Award 2019 dalam ajang Golden Property Awards 2019 belum lama ini. Sosok tersebut adalah  S.D. Darmono founder Jababeka yang sudah berkiprah di dunia properti sejak tahun 1980 saat mengembangkan Bumi Bintaro Permai Residence di Jakarta.

Kiprahnya makin moncer setelah bersama 21 pengusaha nasional membangun Kawasan Industri Jababeka pada tahun 1989 yang merupakan cikal bakal pengembangan Kota Jababeka sebagai kota mandiri bertaraf internasional yang terbesar dan terlengkap di Indonesia. Pengembangan kawasan industri merupakan wujud kecintaannya pada negeri Indonesia khususnya ingin membantu penciptaan lapangan kerja.

Saat ini ada beberapa kota mandiri yang sedang dikembangkan S.D. Darmono seperti di Tanjung Lesung Banten, Kendal, Morotai, Magelang dan beberapa kota lainnya. “Kalaupun saya tidak bisa menyelesaikan hingga 100 kota, namun saya yakin visi itu akan dilanjutkan oleh anak cucu, dan bisa saja oleh orang lain. Setidaknya saya sudah memulai sebuah pekerjaan besar dalam membangun Indonesia,” ujar founder President University di berbagai kesempatan.

Golden Property Awards sendiri merupakan penghargaan properti satu-satunya yang melakukan penilaian dengan kriteria terukur berbasis riset dan survei yang diselenggarakan oleh Indonesia Property Watch (IPW). Penilaian dilakukan oleh Indonesia Property Watch berdasarkan kriteria IPW Standard Project Rating 1.2 sebagai lembaga konsultan dan riset properti yang sudah diakui ketajaman analisisnya.

CEO Indonesia Property Watch (IPW), Ali Tranghanda menyampaikan, IPW melihat kiprah dan jasa besar S.D. Darmono dalam kontribusinya di dunia properti tanah air, khususnya dalam keberhasilannya membangun sebuah kota mandiri baru di Cikarang Bekasi yang mampu menciptakan jutaan lapangan pekerjaan.

S.D. Darmono  sendiri menyebutkan, Kota Jababeka dibangun dengan seimbang untuk menumbuhkan lapangan kerja melalui kawasan industri modern di tahun 1989 yang dilengkapi sarana perumahan menengah dan mewah, pendidikan, kesehatan, pusat-pusat belanja, hiburan, pariwisata yang lengkap yang menjadikan Jababeka kota baru setara kota-kota modern di negara maju.

“Berbekal pengalaman panjang, kredibilitas yang cukup baik, Jababeka akan terus menggagas seratus kota mandiri modern di seluruh Indonesia yang dapat menyediakan lapangan pekerjaan serta kehidupan yang lebih baik bagi seluruh rakyat Indonesia,” ujar Darmono setelah mendapat penghargaan Life Achievement Golden Property Award, penghargaan tertinggi yang juga diberikan kepada Ciputra dan Mochtar Riyadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *