Mon. May 10th, 2021

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Wagub Jateng Resmikan Gedung Baru Ponpes Difabel Al Firdaus Tampingan Boja

2 min read

Kendal, wartakadin. Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen hari ini (Rabu 27/1/2021), resmikan gedung baru Pondok Pesantren Difabel Al Firdaus Tampingan Kecamatan Boja Kabupaten Kendal.

Selain resmikan gedung Ponpes Difabel Al Firdaus, Gus Yasin, panggilan Akbar wagub Jateng juga sempatkan melihat kegiatan murid penyandang Disabilitas yang tampil di podium membaca Al Qur’an, bersholawat dan melantunkan lagu berjudul “Bu guruku”

Juga melakukan dialog dengan guru pengasuh dan bercanda dengan murid difabel yang menguji kemampuannya. Ternyata murid yang maju tampil di podium benar-benar hafal salah satu ayat Al Qur’an.

Hal ini yang membuat takjub dan heran Gus Yasin terhadap murid tuna netra yang hafal baca Al Qur’an meskipun cara membacanya tidak secepat seperti murid yang normal.

Wagub Jateng Taj Yasin Maimoen dalam sambutannya sampaikan justru banyak bercerita bagaimana perjuangan keras penyandang Disabilitas dalam kesehariannya seperti waktu menjalankan sholat berjamaah di masjid bersama-sama umat muslim lainnya. Dikatakannya, meraka itu tidak pernah mengeluh dengan kondisi yang disandangnya.

“Mereka, para anak Disabel ini sebenarnya dilihat dari kecerdasan otaknya tidak kalah dengan anak normal. Bahkan, mereka itu lebih konsentrasi kepada satu hal yang sedang dipelajarinya. Berbeda dengan orang biasa yang terkadang tidak bisa konsen karena pikirannya bercabang saat mendengar khotbah, takziah atau saat beribadah dan pembacaan surat Yasin,” cerita Gus Yasin.

Dari beberapa contoh yang diceritakan itu Gus Yasin terpanggil untuk mengajak semua pihak khususnya Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten/Kota menaruh perhatian terhadap penyandang Difabel untuk diberikan fasilitas umum yang bisa membantu mereka beraktivitas secara wajar tanpa bantuan orang lain.

Disampaikan pula bahwa di Jawa Tengah ini belum ada Pondok Pesantren yang mendidik anak Disabel seperti yang dilakukan oleh Ponpes Al Firdaus Tampingan Boja Kabupaten Kendal.

Untuk itu dalam kunjungan kerja Wagub Jateng di Ponpes Disabel Al Firdaus selain meresmikan bangunan baru yang masih banyak dukungan dana juga melihat apa-apa yang sedang dibutuhkan untuk Pemerintah Provinsi bisa membantunya.

Diantaranya, peralatan belajar mengajar Disabel Tuna Netra, juga fasilitas lainnya untuk kemudahan guru dan murid Difabel beraktivitas di Ponpes Difabel Al Firdaus.

Sementara Pengasuh Ponpes Difabel Al Firdaus Sarmudji, S.Ag.MA kepada wartawan Kendal sampaikan bahwa Ponpes ini masih banyak kekurangan fasilitas dan tenaga guru. Khususnya masih membutuhkan tenaga pendidik murid tuna rungu. Juga dana untuk pembangunan gedung yang sedang dirintisnya.

“Pembangunan gedung Ponpes Difabel Al Firdaus Tampingan Boja ini dibangun sementara dengan hasil swadaya sendiri dan dukungan dari warga sekitar,” ungkap Sarmudji.

Juga katakan. “Lahan Ponpes ini sempit hingga dalam pengembangannya, pembangunan gedung dilakukan secara bertingkat,” demikian Sarmudji menambahkan. (Sriyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *