Sun. Nov 1st, 2020

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

WIKA Persiapkan Infrastruktur Jalan Tol Kandidat Ibukota Negara

1 min read

Presiden Joko Widodo menyebutkan lokasi ibu kota negara baru yang akan menggantikan DKI Jakarta telah mengerucut ke salah satu provinsi di Pulau Kalimantan. Pilihannya antara lain Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan.

Sebelumnya, Kementerian PPN/Bappenas telah memaparkan beberapa sarana dan prasarana infrastruktur yang dibutuhkan di ibu kota baru Indonesia. Sarana dan prasarana infrastruktur yang dibutuhkan dalam konsep pengelolaan ibu kota negara yakni sarana utilitas, gedung perkantoran, dan fasilitas publik.

Selain itu juga dibutuhkan infrastruktur berupa akses jalan yang menuju ke ibukota baru tersebut. Keberadaan ibu kota baru ini akan mendorong kota-kota di sekitarnya akan menjadi kota penyangga, seperti halnya Jakarta saat ini memiliki kota penyangga Bodetabek.

Direktur Utama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) Tumiyana menilai Indonesia saat ini membutuhkan infrastruktur yang besar terkait ibukota baru. Karena itu, WIKA meyakini punya kemampuan untuk mewujudkan itu jika memang nanti dilibatkan menggarap ibu kota baru.

Saat ini  WIKA sedang menyelesaikan seksi 1,2,3,4,5 Jalan Tol Balikpapan-Samarinda atau disebut Tol Balsam sepanjang 99,35 KM. Jalan bebas hambatan pertama di Pulau Kalimantan ini akan mempersingkat waktu tempuh kedua kota besar di Kalimantan Timur yang semula tiga jam menjadi hanya satu jam. Jalan Tol ini membuka lebar harapan baru akan bertumbuhnya perekonomian Kalimantan Timur yang masuk kandidat Ibukota Negara.

Pembangunan fisik Jalan Tol Balsam telah mencapai kemajuan hingga 92% dengan progress pembebasan lahan tol sebesar 98%. Apabila pembebasan lahan memalui proses konsinyasi berjalan lancar, maka target serah terima dan operasional ruas tol ini bisa rampung pada akhir tahun ini.

Ruas tol yang membentang sepanjang 99km ini telah dibangun sejak November 2016. Tol ini terdiri dari 5 seksi yaitu Seksi I ruas Balikpapan – Samboja (22,03km), Seksi II ruas Samboja – Muara Jawa (30,98km), Seksi III Muara Jawa – Palaran (17,50km), Seksi IV Palaran – Samarinda (17,95km), dan Seksi V ruas Balikpapan – Sepinggan (11,09km).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *