Ming. Sep 25th, 2022

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Wynne Frederica Berharap Batik Kendal Bisa Dikenal Luas, Dipakai Ibu Negara dan Presiden Joko Widodo

2 min read

Kendal, wartakadin.com.  Hari Batik Nasional tahun ini yang jatuh pada tanggal 2 Oktober 2022, menurut sejarahnya karena pada tanggal 2 Oktober 2009 itu UNESCO telah menyatakan, batik adalah sebagai warisan kemanusiaan dan non bendawi (buah karya) bangsa Indonesia.

Di Kabupaten Kendal, oleh Ketua Tim Penggerak PKK dan Ketua Dekranasda Kab. Kendal Wynne Frederica yang akrab dipanggil Bu Chacha, hari batik Nasional tahun ini dijadikan momentum untuk mengangkat batik Kendal ke tingkat nasional dengan persiapkan motif batik Kendal yang memiliki filosofi dan karakter Kabupaten Kendal.

Impiannya disampaikan, batik Kendal untuk bisa dikenal di tingkat internasional terlebih dahulu dikenal di tingkat nasional, apabila batik Kendal sudah dipakai oleh ibu negara dan Presiden Joko Widodo dalam acara kenegaraan akan berdampak dikenal sampai ke pemerintah paling bawah, dan masyarakat luas.

Hal ini dikatakan Wynne Frederica saat menghadiri dan melihat langsung kegiatan pelatihan membatik yang diikuti para pelajar Kendal dari tingkat SD, SMP hingga Sekolah Kejuruan (SMK) di Kampus SMK Negeri 1 Kendal pada hari ini (20/9/2022), dengan instruktur Pengrajin Batik Widji Astutik yang terselenggara hasil kolaborasi antara Dekranasda Kendal, Dinas Pendidikan & Kebudayaan Kab. Kendal, Sekolah dan Pengrajin Batik Kendal

Melihat potensi pengrajin batik di Kabupaten Kendal yang bisa dilihat, dikatakan baru dari produk Batik Widji yang saat ini masih eksis dan dikenal dikalangan instansi pemerintah Kabupaten Kendal. Dan dalam kegiatan pelatihan membatik yang diikuti pelajar ini, Pengrajin Wdiji Astutik menjadi pelatihnya.

 

Wynne Frederica, isteri bupati Kendal kepada wartawan liputan Kendal sampaikan, jelang hari batik nasional ini, para pelajar yang sedang berlatih membatik ini hasilnya nanti untuk dipakai pada acara Hari Batik Nasional tingkat kabupaten Kendal yang jatuh pada tanggal 2 Oktober 2022.

Sedang pilihan untuk menentukan motif batik Kendal, Wynne Frederica akan menggunakan desainer Mell Ahyar untuk membuat logo batik Kendal yang diambil dari filosofi Kabupaten Kendal seperti bentuk kendil, semangatnya Bahurekso, kereta, dan keris andalan pusaka Jawa.

 

Generasi Pengrajin Batik Kendal

Dalam pelestarian dan untuk menciptakan generasi cinta batik, Wynne Frederica bersama kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kab.Kendal Wahyu Yusuf Akhmadi selenggarakan pelatihan membatik untuk pelajar dari tingkat SD hingga SMA/SMK yang pada Selasa ini dilakukan di kampus SMK Negeri 1 Kendal diantaranya, diikuti oleh siswi SD Negeri Kalibuntu, SMP Negeri Kendal, SMK Negeri 1 Kendal, SLB Mutiara Bangsa dan SLB Insan Cendekia.

Sementara Kadisdikbud kab.Kendal Wahyu Yusuf Akhmadi menambahkan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kab.Kendal, Kepala SMK Negeri 1 Kendal Windu Harsoyo, Batik Widji dan UPTD berkolaborasi mengadakan kegiatan pelatihan membatik bagi pelajar untuk upaya pelestarian batik sebagai warisan karya dan seni bangsa Indonesia.

Juga sebagai wahana penyaluran minat bakat dengan belajar membatik dimana batik ini sudah diakui dunia melalui piagam UNESCO. Juga mendorong semangat generasi tidak pantang menyerah untuk menghargai sebuah proses yang luar biasa.

Harapannya, yang mengikuti pelatihan ini memiliki jiwa wirausaha sebagai modal untuk menciptakan generasi penerus pecinta dan pengrajin batik di Kabupaten Kendal. Sriyanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos-pos Terbaru