Mon. Oct 26th, 2020

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Zonasi Pekerjaan Ala Bupati Bekasi

1 min read

Berdasarkan data BPS Sakernas 2018 ada 2.652.913 jiwa penduduk Kabupaten Bekasi dengan usia kerja. Sekitar 62,46 persennya merupakan angkatan kerja atau berjumlah 1.630.423 jiwa. Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.472.432 jiwa atau sebesar 90,31 persen telah bekerja. Artinya masih ada 156.991 jiwa atau 9,69 persen berusia produktif yang menganggur.
Terkait hal itu muncullah Peraturan Bupati No. 9 Tahun 2019, tentang Perluasan Kesempatan Kerja. Untuk mensosialisasikan Perbup tersebut, Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja roadshow ke 11 kawasan industri di Cikarang. Dengan mengajak jajaran Dinas Tenaga Kerja kunjungan dimulai dari Kawasan MM2100.
Di depan Pengelola Kawasan MM2100 dan perwakilan perusahaan, Bupati menyampaikan, agenda kunjungan ini sebagai wujud program prioritas ketenagakerjaan pemerintah daerah. Adanya peraturan Perluasan Kesempatan Kerja ini diharapkan perusahaan yang berada di wilayah Kabupaten Bekasi dapat mengimplementasikannya.
Dalam Perbup No. 9 disebutkan, penyerapan sebanyak-banyaknya tenaga lokal, dan ada laporan secara berkala yang dilakukan perusahaan mengenai pelaksanaan kegiatan atau program perluasan kesempatan kerja setiap bulannya.
“Mudah-mudahan melalui forum sosialisasi ini, dapat dijadikan awal yang baik untuk sama-sama berkomitmen baik pemerintah maupun swasta dalam membangun Kabupaten Bekasi yang kita cintai,” harap Bupati.
Hasil dari kunjungan awal ini diperoleh data adanya 523 lowongan kerja, seperti yang disampaikan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi, Edi Rochyadi. “Mudah-mudahan pada kujungan di kawasan industri lainnya juga didapatkan lowongan kerja yang nantinya dapat dimanfaatkan bagi masyarakat Bekasi,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *