Tue. Oct 27th, 2020

WARTAKADIN

Kabupaten Bekasi

Kadin Sambut Baik Pengembangan Madinah City di Cabangbungin Kabupaten Bekasi

2 min read

Pengembangan kawasan hunian kini tidak hanya terpusat di sekitar kawasan industri, namun sudah melebar ke wilayah pinggiran seperti di Kabupaten Bekasi bagian selatan dan utara. Pengembang perumahan baik sekala kecil hingga besar melihat potensi market khususnya karyawan masih sangat besar yang membutuhkan rumah dengan harga yang terjangkau.

Salah satu wilayah utara Kabupaten Bekasi yang menjadi bidikan pengembang adalah Kecamatan Cabangbungin tepatnya di Desa Setialaksana. Sejak satu tahun lalu sudah dipersiapkan sebuah kawasan hunian yang berkonsep mirip sekali dengan Madinah, di Arab Saudi. Seperti yang pernah disampaikan H. Zakaria selaku Komisaris Utama PT Darussalam Madani Properti, yang menyebut hunian ini berkonsep Islami dengan bangunan rumah modern bergaya Kota Madinah.

“Nantinya Madinah City ini bisa dikatakan perumahan berkonsep Islam terbesar se-Asia Tenggara. Sebab, didalamnya terdapat Masjid Jami di atas lahan seluas dua hektar berkonsep Masjid Nabawi dan 1 hektar pondok pesantren tahfidz quran sebagai pusat pendidikan,” ujar H. Zakaria.

Sementara itu, Harun Ayung selaku Manager Tehnis Madinah City menyampaikan, saat ini sudah dipersiapkan lahan 4 hektar untuk kantor pemasaran yang nantinya bisa memantau seluruh kawasan hunian yang berdiri di lahan 75 hektar yang sudah diurus perijinannya. Untuk tahap berikutnya akan terus berkembang menjadi 150 hektar, dan berlanjut ke 500 hingga 900 hektar.

“Lahan ini sebagian berdampingan dengan lahan industri yang tidak menutup kemungkinan ketika industri itu sudah ada maka akan banyak sekali membutuhkan hunian-hunian ekslusif, baik untuk menengah ke bawah maupun ke atas. Untuk tahap awal ini kita akan bangun 75 hektar yang terdiri dari Islamic Center, pesantren, water park, olah raga sunah seperti berkuda dan memanah. Ada juga fresh market dan fasilitas lainnya seperti SPBU dan kantor polisi,” ungkap Harun.

Dalam kesempatan berbeda, H. Obing Fachrudin selaku Ketua Kadin Kabupaten Bekasi yang juga putra daerah Cabangbungin menyambut baik pengembangan Madinah City. “Kawasan hunian ini akan memacu kemajuan perekonomian di wilayah utara khususnya Cabangbungin. Apalagi Madinah City juga akan berdampingan dengan industri yang nantinya juga akan dibangun, sehingga saya yakin Cabangbungin akan tumbuh seperti Cikarang. Dulu lahan yang kurang produktif, kini menjadi pusat perekonomian terbesar di Asia Tenggara,” ujar Ketua Yayasan Cagar Budaya Uyut Kramat Batok Cabangbungin ini kepada Wartakadin.

Lebih lanjut, Ketua Warga Jaya Indonesia (WJI) Kabupaten Bekasi ini meminta dalam project pengembangan kawasan hunian maupun industri di wilayah utara harus melibatkan putra-putra daerah setempat. “Jangan sampai yang punya wilayah tidak merasakan kue pembangunan. Jadi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bekasi bisa makin merata,” tegas H. Obing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *